RPP Bahasa Indonesia Kelas X KD 3.4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    :    SMK Negeri 
Mata Pelajaran       :    Bahasa Indonesia
Kelas/semester        :    X /Ganjil
Materi Pokok          :    Teks Eksposisi
Alokasi Waktu        :    3 Pertemuan (1 x 2 jam pelajaran @ 45 menit)

A.      Tujuan Pembelajaran  
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
4.4 Mengkonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1 Mengungkapkan struktur teks eksposisi
3.4.2 Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi
4.4.1 Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi
4.4.2 Menyusun ulang gagasan ke dalam teks eksposisi

D.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
3.4.1.1 Siswa dapat mengidentifikasi struktur teks eksposisi secara berkelompok
Pertemuan Kedua
3.4.2.1 Siswa dapat membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi melalui kegiatan diskusi kelompok
Pertemuan Ketiga
4.4.1.1  Siswa dapat menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi secara individu.
4.4.1.2  Siswa dapat menyusun ulang gagasan ke dalam teks eksposisi dengan percaya diri

E.       Materi Pembelajaran 
v  Ciri-ciri Kebahasaan Teks Eksposisi
Bahasa adalah media komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Dengan demikian, sebuah teks tentu mengandung unsur kaidah kebahasaan, baik yang berkaitan dengan kata, kalimat, paragraf maupun wacana secara utuh. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, kalian akan diajak melihat unsur-unsur kebahasaan pada teks Eksposisi.
Pembahasan unsur kebahasaan ini mencakup :
1.      Kalimat Utama
2.      Unsur kepaduan paragraf (Pengulangan kata, kata transisi, kata ganti)
3.      Kalimat Majemuk
4.      Konjungsi (kata sambung)
5.      Fungsi kata (subjek, predikat, objek dsb.)
6.      Kelas kata (Nomina, verba, adjektiva, dsb.)
Memahami Unsur-unsur Kebahasaan Pada Teks Eksposisi :
1.      Sebuah teks yang baik mengandung kalimat utama yang mencerminkan gagasan utama teks tersebut. Demikian juga dengan teks Eksposisi. Setiap paragraf teks Eksposisi mengandung unsur kalimat utama.
2.      Sebuah paragraf yang baik memiliki syarat, salah satunya adalah kepaduan. Ada beberapa cara untuk memadukan gagasan dalam setiap paragraf, di antaranya dengan pengulangan kata, kata transisi, konsungsi dan kata ganti.
a.       Penggunaan pengulangan kata
Contoh :
Ternyata di balik gelombang laut itu terdapat energi yang bisa dimanfaatkan. Kini gelombang laut telah dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik.
b.      Penggunaan kata transisi
Contoh :
Pada dasarnya, prinsip kerja teknologi yang mengonversi energi gelombang laut menjadi energi listrik adalah mengakumulasi energi gelombang laut untuk memutar turbin generator.
c.       Penggunaan kata ganti’
Contoh :
Banyak orang yang suka bertamasya ke pantai. Mereka senang melihat birunya laut dan gelombang laut yang menggulung-gulung.
3.      Kata majemuk adalah kalimat yang menggunakan gabungan dari dua atau lebih kalimat tunggal. Secara cepat, kata majemuk dapat diketahui dari penggunaan kata sambung (konjungsi).
Contoh :
Kalimat majemuk :
Sejumlah negara telah membangun PLTGL, tetapi jumlahnya masih sedikit.
Kalimat tunggal :
Sejumlah negara telah membangun PLTGL.
Jumlah bangunan PLTGL masih sedikit.
Konjungsi : Tetapi
4.      Sebuah kalimat terdiri atas beberapa kata. Setiap kata memiliki fungsi dalam kalimat. Fungsi dalam kalimat misalnya sebagai subjek, predikat, objek, pelengkap atau keterangan. Kata-kata juga memiliki jenis, misalnya kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata ganti dan kata tugas (kata depan dan kata sambung. Jenis kata disebut juga kategori.   

F.       Pendekatan, Model dan Metode
               1.       Pendekatan pembelajaran   :    pendekatan proses saintifik
               2.       Model pembelajaran           :    discovery learning
               3.       Metode pembelajaran         :    diskusi dan tanya jawab

G.      Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.         Media
ü  Teks eksposisi
ü  Rekaman pembacaan teks eksposisi
2.         Alat
3.         Bahan

H.      Sumber Belajar
1.      Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas X
2.      Artikel dari berbagai sumber
3.      KBBI
4.      EYD

I.         Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan

ü Guru memberi salam
ü Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü Siswa melengkapi presensi kelas.
ü siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung kehidupan yang baik.
ü Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang teks eksposisi
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
ü Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
ü Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
ü Siswa membaca beberapa contoh eksposisi.
ü Siswa mengamati bagian-bagian teks eksposisi.
ü Mempertanyakan
ü Siswa mempertanyakan isi bagian-bagian eksposisi yang dibaca.
Mengumpulkan informasi
ü Siswa mengumpulkan informasi tambahan   tentang topik  yang dipilih dari berbagai sumber (pengamatan langsung, koran, majalah, buku, TV, radio, internet, dll).
ü Siswa mengidentifikasi tesis/ pendapat dalam teks eksposisi.
ü Siswa mendata argumen dalam teks eksposisi.
ü Siswa mengidentifikasi pengetahuan dalam teks eksposisi.
ü Siswa mengidentifikasi rekomendasi dalam teks eksposisi.
Mengasosiasikan
ü Siswa mengidentisikasi ketepatan struktur teks eksposisi
Mengomunikasikan
ü Siswa mempresentasikan secara lisan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü Siswa memberikan tanggapan secara lisan terhadap  hasil kerja temannya.
45 menit
Penutup

ü  Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü  Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü  Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü  Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
35 menit

Pertemuan Kedua
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan

ü Guru memberi salam
ü Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü Siswa melengkapi presensi kelas.
ü siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung kehidupan yang baik.
ü Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang teks eksposisi
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
ü Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
ü Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
ü Siswa membaca beberapa contoh eksposisi.
ü Siswa mengamati bagian-bagian teks eksposisi.
ü Mempertanyakan
ü Siswa mempertanyakan isi bagian-bagian eksposisi yang dibaca.
ü Siswa menanya tentang jenis kata yang dominan dalam eksposisi.
Mengumpulkan informasi
ü Siswa mengumpulkan informasi tambahan   tentang topik  yang dipilih dari berbagai sumber (pengamatan langsung, koran, majalah, buku, TV, radio, internet, dll).
ü Siswa mendata kata sifat (dasar dan turunan) dalam teks eksposisi.
ü Siswa mengelompokkan kalimat berdasarkan jenis kata predikatnya (kalimat verbal dan nominal)
ü Siswa mengelompokkan kalimat verbal berdasarkan perlu tidaknya obyek menyertai predikatnya.
Mengasosiasikan
ü Siswa mengidentifikasi ketepatan kebahasaan dalam teks eksposisi
Mengomunikasikan
ü Siswa mempresentasikan secara lisan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü Siswa memberikan tanggapan secara lisan terhadap  hasil kerja temannya.
45 menit
Penutup

ü  Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü  Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü  Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü  Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
35
menit

Pertemuan Ketiga
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan

ü Guru memberi salam
ü Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü Siswa melengkapi presensi kelas.
ü siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung kehidupan yang baik.
ü Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang teks eksposisi
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
ü Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
ü Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
ü Siswa membaca beberapa contoh eksposisi.
ü Siswa mengamati bagian-bagian teks eksposisi.
ü Mempertanyakan
ü Siswa mempertanyakan isi bagian-bagian eksposisi yang dibaca.
ü Siswa menanya tentang gagasan utama dan gagasan penjelas dalam eksposisi.
Mengumpulkan informasi
ü Siswa mengumpulkan informasi tambahan   tentang topik  yang dipilih dari berbagai sumber (pengamatan langsung, koran, majalah, buku, TV, radio, internet, dll).
ü Siswa mengidentifikasi gagasan utama dan gagasan pokok dalam teks eksposisi
Mengasosiasikan
ü Siswa menyusun tesis/ pendapat tentang suatu permasalahan menggunakan kalimat verbal atau nominal.
ü Siswa menyusun argumen berupa data/ fakta/ opini yang dapat digunakan untuk menguatkan tesis/ pendapat yang disampaikan menggunakan kalimat verbal atau nominal.
ü Siswa menyusun teks eksposisi (berdasarkan tesis, argumen, pernyataan ulang dan rekomendasi yang telah disusun) menggunkan pola deduksi.
ü Siswa menyusun teks eksposisi (berdasarkan tesis, argumen, pernyataan ulang dan rekomendasi yang telah disusun) menggunkan pola deduksi.
Mengomunikasikan
ü Siswa mempresentasikan secara lisan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü Siswa memberikan tanggapan secara lisan terhadap  hasil kerja temannya.
ü Siswa merevisi hasil kerja berdasarkan masukan teman dan gurunya.
ü Siswa memublikasikan teks eksposisi yang telah direvisi (melalui majalah dinding/ majalah sekolah, blog, koran, dll).
45
menit
Penutup

ü  Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü  Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü  Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü  Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
35 menit

J.        Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.         Teknik Penilaian       :               Tes Tertulis (Post Tes)
2.         Instrumen Penilaian
a.         Pertemuan pertama
Ø  Penilaian pengetahuan      : uraian
Ø  Penilaian keterampilan : observasi
b.        Pertemuan kedua
Ø  Penilaian pengetahuan      : uraian
Ø  Penilaian keterampilan : observasi
c.         Pertemuan ketiga
Ø  Penilaian pengetahuan        : uraian
Ø  Penilaian keterampilan        : observasi

3.         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan/KKM dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
b.      Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.
1)      Tuntas secara klasikal
Melaksanakan program pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.
2)      Tidak tuntas secara klasikal
Melaksanakan program perbaikan, sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.


Mengetahui,                                                                        kota, tanggal
Kepala SMK Negeri                                                           Guru Mata Pelajaran





Lampiran
a)      Instrumen penilaian sikap
 Lembar pengamatan

PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran            : ...............................................................
Kelas/ Semester           :..............................................................
Tahun Ajaran              : ...............................................................
Waktu pengamatan     : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
1.      Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.      Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.      Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.      Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No
Nama Siswa
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
Proaktif
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1
2
3
4
5





































b)     Instrumen penilaian pengetahuan
ü  Instrumen soal
1.      Berdasarkan teks eksposisis yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks eksposisi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
2.      Bandingkan dua teks eksposisi berikut berdasarkan segi kebahasaannya!
3.      Identifikasilah gagasan utama dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi berikut!
4.      Susunlah gagasan-gagasan berikut dalam sebuah teks eksposisi!

ü  Kunci
1)
Struktur Teks
Kalimat
Tesis
Argumen
Rekomendasi
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

No.
Ciri kebahasaan
Teks 1
Teks 2
Keterangan
1
Kalimat utama



2
Unsur kepaduan
Ÿ Pengulangan kata
Ÿ Kata transisi
Ÿ Kata ganti



3
Kalimat majemuk



4
Konjungsi (kata sambung)



5
Fungsi kata (subjek, predikat, objek dsb.)



6
Kelas kata (nomina, verba, adjektiva, dsb.)



Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

No.
Gagasan utama
Gagasan penjelas









Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

No.
Struktur
Tesis
Argumen
Rekomendasi












Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

ü  Pedoman pensekoran
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.      Struktur teks eksposisi  lengkap
b.      Struktur teks eksposisi  kurang lengkap
c.      Struktur teks eksposisi  tidak  lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.       Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan teks eksposisi  dimaksud
b.      Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur teks eksposisi  dimaksud
c.       Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur teks eksposisi dimaksud

3

2

1

No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
a.       kalimat utama dalam masing-masing teks disebutkan dengan lengkap
b.      kalimat utama dalam masing-masing teks disebutkan dengan kurang lengkap
c.       kalimat utama dalam masing-masing teks disebutkan dengan tidak lengkap
3

2

1
2.
a.       unsur kebaduan (pengulangan kata, kata transisi, dan kata ganti) dalam masing-masing teks disebutkan dengan lengkap
b.      unsur kebaduan (pengulangan kata, kata transisi, dan kata ganti) dalam masing-masing teks disebutkan dengan kurang lengkap
c.       unsur kebaduan (pengulangan kata, kata transisi, dan kata ganti) dalam masing-masing teks disebutkan dengan tidak lengkap
3

2

1
3
a.       kata majemuk dalam masing-masing teks disebutkan dengan lengkap
b.      kata majemuk dalam masing-masing teks disebutkan dengan kurang lengkap
c.       kata majemuk dalam masing-masing teks disebutkan dengan tidak lengkap
3

2

1
4
a.       Konjungsi (kata sambung) dalam masing-masing teks disebutkan dengan lengkap
b.      Konjungsi (kata sambung) dalam masing-masing teks disebutkan dengan kurang lengkap
c.       Konjungsi (kata sambung) dalam masing-masing teks disebutkan dengan tidak lengkap
3

2

1
5
a.       Fungsi kata (subjek, predikat, objek dsb.) dalam masing-masing teks disebutkan dengan lengkap
b.      Fungsi kata (subjek, predikat, objek dsb.) dalam masing-masing teks disebutkan dengan kurang lengkap
c.       Fungsi kata (subjek, predikat, objek dsb.) dalam masing-masing teks disebutkan dengan tidak lengkap
3

2

1

6
a.       Kelas kata (nomina, verba, adjektiva, dsb.) dalam masing-masing teks disebutkan dengan lengkap
b.      Kelas kata (nomina, verba, adjektiva, dsb.) dalam masing-masing teks disebutkan dengan kurang lengkap
c.       Kelas kata (nomina, verba, adjektiva, dsb.) dalam masing-masing teks disebutkan dengan tidak lengkap
3

2

1


No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Gagasan utama dalam teks eksposisi disebutkan dengan lengkap
b.      Gagasan utama dalam teks eksposisi disebutkan dengan kurang lengkap
c.       Gagasan utama dalam teks eksposisi disebutkan dengan tidak lengkap

3
2

1
2.
Kelengkapan
a.       Gagasan penjelas dalam teks eksposisi disebutkan dengan lengkap
b.      Gagasan penjelas dalam teks eksposisi disebutkan dengan kurang lengkap
c.       Gagasan penjelas dalam teks eksposisi disebutkan dengan tidak lengkap

3

2
1


No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Gagasan disusun dengan lengkap
b.      Gagasan disusun dengan kurang  lengkap
c.       Gagasan disusun dengan tidak lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.       Gagasan disusun sesuai dengan struktur teks eksposisi
b.      Gagasan disusun kurang sesuai dengan struktur teks eksposisi
c.       Gagasan disusun tidak sesuai dengan struktur teks eksposisi

3
2
1


Komentar

Postingan Populer