RPP Bahasa Indonesia Kelas X KD 3.3
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : X /Ganjil
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (1 x
2 jam pelajaran @ 45 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
3.3 Menginterpretasikan isi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi secara lisan dan/atau tulis.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1
Mengidentifikasi tesis, argumen, dan rekomendasi dalam teks eksposisi
3.3.2
Membedakan fakta dan opini dalam teks eksposisi
4.3.1
Melengkapi tesis dengan argumen
4.3.2
Menyampaikan kembali isi teks eksposisi dengan bahasa yang berbeda
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
3.3.1.1 Siswa dapat mengidentifikasi tesis, argumen, dan rekomendasi dalam teks eksposisi yang
didengarkan secara individu
Pertemuan Kedua
3.3.2.1 Siswa dapat membedakan fakta dan opini dalam teks eksposisi dengan
percaya diri
Pertemuan Ketiga
4.3.1.1 Siswa dapat melengkapi tesis dengan argumen
pada teks eksposisi secara individu.
4.3.1.2 Siswa dapat menyampaikan kembali isi teks
eksposisi dengan bahasa yang berbeda
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian teks eksposisi
Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah
informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.
Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi.
Contoh-contoh teks eksposisi dapat dilihat berita-berita atau koran
2. Jenis jenis teks eksposisi
Ÿ Teks Eksposisi berita, berisi pemberitaan mengenai suatu kejadian. Jenis ini banyak ditemukan
pada surat kabar
Ÿ Teks Eksposisi
ilustrasi, pengembangannya
menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide.
Mengilustrasikan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki kesamaan atau
kemiripan sifat. Biasanya menggunakan frase penghubung “seperti ilustrasi
berikut ini, dapat diilustrasikan seperti, seperti, bagaikan.”
Ÿ Teks Eksposisi proses, sering ditemukan dalam buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau
cara-cara tertentu.
Ÿ Teks Eksposisi
perbandingan, dalam hal ini
penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara
membandingkannya dengan hal lain.
Ÿ Teks Eksposisi
pertentangan, berisi pertentangan
antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. frase penghubung yang biasa digunakan
adalah “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya.”
Ÿ Teks Eksposisi
definisi, batasan pengertian
sesuatu dengan menfokuskan pada karakteristik sesuatu itu.
Ÿ Teks Eksposisi
analisis, proses
memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa
subbagian, kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan.
Ÿ Teks Eksposisi
klasifikasi, membagi sesuatu dan
mengelompokkan ke dalam kategori-kategori
3. Struktur teks eksposisi
Ÿ Tesis
(Pembukaan)
Ÿ Argumentasi
(Isi)
Ÿ Penegasan
Ulang (Penegasan ulang)
4. Ciri-ciri teks eksposisi
Ÿ Menjelaskan
informasi-informasi pengetahuan
Ÿ Gaya
informasi yang mengajak
Ÿ Penyampaian
secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
Ÿ Tidak
memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca
Ÿ Fakta
dibakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi
F. Pendekatan, Model dan Metode
1.
Pendekatan pembelajaran : pendekatan proses saintifik
2.
Model pembelajaran : discovery learning
3.
Metode pembelajaran : diskusi dan tanya jawab
G.
Media,
Alat/Bahan Pembelajaran
1.
Media
ü
Teks eksposisi
ü
Rekaman pembacaan teks eksposisi
2.
Alat
3.
Bahan
H.
Sumber Belajar
1.
Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas X
2.
Artikel dari berbagai sumber
I.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
ü
Guru memberi salam
ü
Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü
Siswa melengkapi presensi kelas.
ü
siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam
kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung
kehidupan yang baik.
ü
Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang
teks eksposisi
ü
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
ü
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
ü
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
ü
Siswa membaca beberapa
contoh teks eksposisi.
ü
Siswa mencermati isi
pokok (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks
eksposisi yang dibaca.
Menanya
ü
Siswa menanya tentang
permasalahan yang dibahas dalam teks eksposisi.
ü
Siswa menanya tentang
tesis (pendapat) yang disampaikan dalam eksposisi.
ü
Siswa mempertanyakan
argumen yang digunakan untuk mendukung tesis (pendapat) yang disajikan salam
eksposisi.
ü
Siswa mempertanyakan
rekomendasi yang disampaikan dalam eksposisi.
Mengumpulkan informasi
ü
Siswa membaca
referensi tentang teks eksposisi dari berbagai sumber.
ü
Siswa mencari makna
istilah dalam teks eksposisi menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
ü
Siswa mengidentifikasi isi pokok-pokok teks eksposisi (pengetahuan, pernyataan,
argumen, rekomendasi dan kebahasaan melalui diskusi kelompok).
ü
Siswa mengidentifikasi
tesis/ pendapat yang disampaikan dalam eksposisi.
ü
Siswa mengidentifikasi
argumen yang disampaikan untuk memperkuat tesis /pendapat yang disampaikan.
Menalar
ü
Siswa menganalisis ketepatan
dan kelengkapan argumen yang disampaikan penulis untuk mendukung tesis/
pendapat.
Mengomunikasikan
ü
Siswa mempresentasikan
secara lisan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü
Siswa memberikan
tanggapan secara lisan terhadap hasil kerja teman lain.
|
45 menit
|
Penutup
|
ü
Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü
Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü
Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü
Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü
Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
|
35 menit
|
Pertemuan Kedua
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
ü
Guru memberi salam
ü
Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü
Siswa melengkapi presensi kelas.
ü
siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam
kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung
kehidupan yang baik.
ü
Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang
teks eksposisi
ü
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
ü
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
ü
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
ü
Siswa menyimak contoh
teks eksposisi.
ü
Siswa mencermati isi
pokok (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks
eksposisi. yang didengar dan dibaca.
Menanya
ü
Siswa menanya tentang
permasalahan yang dibahas dalam teks eksposisi.
ü
Siswa mempertanyakan fakta
dan opini yang disampaikan dalam teks eksposisi.
Mengumpulkan informasi
ü
Siswa membaca
referensi tentang teks eksposisi dari berbagai sumber.
ü
Siswa mengidentifikasi isi pokok-pokok teks eksposisi (pengetahuan, pernyataan,
argumen, rekomendasi dan kebahasaan melalui diskusi kelompok).
ü
Siswa
mengidentifikasi fakta dan opini yang digunakan dalam teks eksposisi
Menalar
ü
Membedakan opini dan fakta
dalam eksposisi.
Mengomunikasikan
ü
Mempresentasikan secara
lisan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü
Memberikan tanggapan
secara lisan terhadap hasil kerja teman lain.
|
45 menit
|
Penutup
|
ü
Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü
Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü
Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü
Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü
Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
|
35
menit
|
Pertemuan Ketiga
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
ü
Guru memberi salam
ü
Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü
Siswa melengkapi presensi kelas.
ü
siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam
kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung
kehidupan yang baik.
ü
Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang
teks eksposisi
ü
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
ü
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
ü
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
ü
Siswa membaca beberapa
contoh teks eksposisi.
ü
Siswa mencermati isi
pokok (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks
eksposisi. yang didengar dan dibaca.
Menanya
ü
Siswa menanya tentang
permasalahan yang dibahas dalam teks eksposisi.
ü
Siswa menanya tentang
tesis (pendapat) yang disampaikan dalam eksposisi.
ü
Siswa mempertanyakan
argumen yang digunakan untuk mendukung tesis (pendapat) yang disajikan salam
eksposisi.
ü
Siswa mempertanyakan
rekomendasi yang disampaikan dalam eksposisi.
Mengumpulkan informasi
ü
Siswa membaca
referensi tentang teks eksposisi dari berbagai sumber.
ü
Siswa mengidentifikasi isi pokok-pokok teks eksposisi (pengetahuan, pernyataan,
argumen, rekomendasi dan kebahasaan melalui diskusi kelompok).
ü
Siswa mengidentifikasi
tesis/ pendapat yang disampaikan dalam eksposisi.
ü
Siswa mengidentifikasi
argumen yang disampaikan untuk memperkuat tesis /pendapat yang disampaikan.
Menalar
ü
Siswa menganalisis
ketepatan dan kelengkapan argumen yang disampaikan penulis untuk mendukung
tesis/ pendapat.
ü
Siswa melengkapi
eksposisi dengan argumen yang tepat dan lengkap.
Mengomunikasikan
ü
Mempresentasikan secara
lisan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü
Memberikan tanggapan
secara lisan terhadap hasil kerja kelompok lain.
|
45
menit
|
Penutup
|
ü
Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü
Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü
Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü
Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü
Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
|
35 menit
|
J.
Penilaian
Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis (Post Tes)
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan pertama
Ø
Penilaian pengetahuan : uraian
Ø
Penilaian keterampilan : observasi
b.
Pertemuan kedua
Ø
Penilaian pengetahuan : uraian
Ø
Penilaian keterampilan : observasi
c.
Pertemuan ketiga
Ø
Penilaian pengetahuan : uraian
Ø
Penilaian keterampilan :
observasi
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Siswa yang telah berhasil dengan
nilai di atas ketuntasan/KKM dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
b.
Siswa yang belum mencapai
ketuntasan kognitif tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi
harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.
1) Tuntas secara klasikal
Melaksanakan
program pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program
perbaikan.
2) Tidak tuntas secara klasikal
Melaksanakan program perbaikan,
sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.
Mengetahui, kota, tanggal
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Lampiran
- Instruman Penilaian Sikap
Lembar pengamatan
PENGAMATAN
SIKAP
Mata
Pelajaran
: ...............................................................
Kelas/
Semester : ...............................................................
Tahun
Ajaran :
...............................................................
Waktu
pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap ,
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
1.
Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas
2.
Mulai
Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya
(MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Proaktif
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||
2.
Instrumen
penilaian pengetahuan
Ø Instrumen soal
ü Berdasarkan
teks eksposisis yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks eksposisi
dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
ü Bedakanlah
antara fakta dan opini berdasarkan teks eksposisis yang diberikan!
ü Lengkapilah
tesis berikut dengan argumen yang sesuai!
Ø Kunci
1)
|
Struktur Teks
|
Kalimat
|
|
Tesis
|
|||
Argumen
|
|||
Rekomendasi
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
No.
|
Fakta
|
Opini
|
Keterangan
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
N0.
|
Tesis
|
Argumen
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Ø Pedoman pensekoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a. Struktur teks
eksposisi lengkap
b. Struktur teks
eksposisi kurang lengkap
c. Struktur teks
eksposisi tidak lengkap
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a. Data
(kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan teks eksposisi dimaksud
b. Data (kalimat)
kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur teks eksposisi dimaksud
c. Data
(kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur teks
eksposisi dimaksud
|
3
2
1
|
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kesesuaian
a. fakta dalam teks
eksposisi sesuai
b. fakta dalam teks
eksposisi kurang sesuai
c. fakta dalam teks
eksposisi tidak sesuai
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a. opini dalam
teks eksposisi sesuai
b. opini dalam teks
eksposisi kurang sesuai
c. opini dalam
teks eksposisi tidak sesuai
|
3
2
1
|
No.
|
Aspek dan
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a. argumen
yang disampaikan lengkap
b. argumen yang
disampaikan kurang lengkap
c. argumen
yang disampaikan tidak lengkap
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a. Data arguman
mendukung atau sesuai dengan tesis yang dimaksud
b. Data arguman
kurang mendukung atau sesuai dengan tesis yang dimaksud
c. Data arguman
tidak mendukung atau sesuai dengan tesis yang dimaksud
|
3
2
1
|
Ø Tes unjuk kerja
ü Bacalah teks
eksposisi berikut, kemudian ceritakanlah kembali menggunakan bahasa kalian
masing-masing!
Rubrik
penilaian
No.
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Kelengkapan
Teks eksposisi diceritakan kembali
dengan struktur yang lengkap
Teks eksposisi diceritakan kembali
dengan struktur yang kurang lengkap
Teks eksposisi diceritakan kembali
dengan struktur yang tidak lengkap
|
3
2
1
|
2
|
Kebahasaan
Teks eksposisi diceritakan kembali
dengan bahasa yang menarik dan lancar
Teks eksposisi diceritakan kembali
dengan bahasa yang menarik dan kurang lancar
Teks eksposisi diceritakan kembali
dengan bahasa yang menarik dan tidak lancar
|
3
2
1
|
Komentar
Posting Komentar