contoh RPP 3.2 Bahasa Indonesia

Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMK Kurikulum Nasional

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    :    SMK N
Mata Pelajaran       :    Bahasa Indonesia
Kelas/semester        :    X /Ganjil
Materi Pokok          :    Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu        :    3 Pertemuan (1 x 2 jam pelajaran @ 45 menit)

A.      Tujuan Pembelajaran  
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan.
4.2 Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi
3.2.2 Membenahi sesalahan bahasa dalam teks laporan hasil observasi
4.2.1 Melengkapi gagasan pokok dengan gagasan penjelas pada teks laporan hasil observasi
4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan

D.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
3.2.1.1 Siswa dapat menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi setelah berdiskusi kelompok
Pertemuan Kedua
3. 2.2.1 Siswa dapat membenahi kesalahan bahasa dalam teks laporan hasil observasi
Pertemuan Ketiga
4.2.1.1 Siswa dapat melengkapi gagasan pokok dengan gagasan penjelas dalam teks laporan hasil observasi dengan percaya diri
4.2.2.1 Siswa dapat menyusun teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan secara individual.

E.       Materi Pembelajaran 
Ciri kebahasaan laporan hasil observasi
a.      Penggunaan verba
Verba atau kata kerja adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Biasanya, verba menjadi predikat dalam suatu kalimat. Sebagai salah satu kelas kata dalam tuturan kebangsaan, verba mempunyai frekuensi yang tinggi pemakalannya dalam suatu kalimat. Selain itu, verba mempunyai pengaruh yang besar terhadap penyusunan kalimat. Perubahan struktur pada kalimat sebagian besar ditentukan oleh perubahan bentuk verba.
Kata yang termasuk verba, memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Ÿ  berfungsi utama sebagai predikat atau ciri predikat dalam kalimat walaupun dapat juga mempunyai fungsi lain,
Ÿ   verba mengandung dasar perbuatan (aksi proses atau keadaan yang bukan bersifat kualitas), dan
Ÿ  verba khususnya yang bermakna keadaan, tidak dapat diberi prefikster, yang berarti paling.
Berdasarkan objeknya, verba dibedakan menjadi dua, sebagai berikut.
v  Verba transitif, yaitu kata kerja yang membutuhkan objek.
Contoh:
Ani menanam bunga di taman.
Para petani memanen padi di sawah.
v  Verba intransitif, yaitu kata kerja yang tidak membutuhkan objek.
Contoh:
Mereka berjalan.
Kami bernyanyi bersama-sama.
b.      Penggunaan Nomina
Kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Nomina biasanya dapat berfungsi sebagai subjek atau objek dari klausa. Nomina memiliki ciri-ciri, sebagai berikut:
Ÿ  menduduki posisi subjek, objek, atau pelengkap dalam kalimat yang predikatnya verba;
Ÿ  tidak dapat diingkarkan dengan kata tidak,
Ÿ  umumnya dapat diikuti oleh adjektiva, baik secara langsung maupun diantarai oleh kata yang.
Kata benda dibedakan menjadi dua, yaitu kata benda konkret dan abstrak. Kata benda konkret adalah kata benda yang dapat dikenal dengan pancaindra (misalnya buku). Kata benda abstrak untuk benda yang menyatakan hal yang hanya dapat dikenal dengan pikiran (misalnya cinta).
c.       Penggunaan Konjungsi
Dalam teks laporan, proses yang dijelaskan merupakan runtutan yang berkaitan satu sama lain sehingga untuk menghubungkan paragraf satu dan lainnya dibutuhkan sebuah konjungsi yang menunjukkan keterangan waktu. Konjungsi adalah kata atau ungkapan kata penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Konjungsi memiliki banyak jenis. Konjungsi disebut juga dengan kata penghubung.
Adanya konjungsi dalam suatu kalimat dapat menyebabkan kalimat tersebut menjadi kompleks atau luas. Berdasarkan kompleksitasnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat simpleks dan kompleks.
Ÿ Kalimat simpleks disebut juga dengan kalimat tunggal. Kalimat simpleks adalah kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama atau kalimat yang terdiri atas satu subjek dan satu predikat.
Contoh:
Randika sedang melihat alam sekitar.
Rizal mengamati tumbuhan yang ada di sekitar rumahnya.
Ÿ  Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih. Kalimat kompleks juga bisa diartikan sebagai kalimat yang telah mengalami perluasan, baik itu berupa penambahan fungsi keterangan ataupun dengan perluasan pada fungsi-fungslnya. Kalimat kompleks sering pula disebut kalimat luas.
Contoh:
Alam indah jika dirawat dengan baik.
Apabila alam dirawat dengan baik maka hidup kita akan sehat.
Rawat dan siramilah pohon agar lingkungan di sekitar kita asri.

F.       Pendekatan, Model dan Metode
               1.       Pendekatan pembelajaran   :    pendekatan proses saintifik
               2.       Model pembelajaran           :    discovery learning
               3.       Metode pembelajaran         :    diskusi dan tanya jawab

G.      Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.         Media
ü  Teks laporan hasil observasi
2.         Alat
3.         Bahan

H.      Sumber Belajar
1.      Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas X
2.      Artikel dari berbagai sumber
3.      KBBI
4.      EYD

I.         Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan

ü Guru memberi salam
ü Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü Siswa melengkapi presensi kelas.
ü siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung kehidupan yang baik.
ü Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang teks laporan hasil observasi
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
ü Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
ü Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
ü  Siswa membaca  laporan hasil observasi yang tersaji dalam  buku pembelajaran maupun media lain
ü  Siswa ditugaskan untuk mencermati penggunaan kata, frasa, dan kalimat dalam laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
ü  Siswa mempertanyakan jenis kata dan frasa yang dominan digunakan dalam laporan hasil observasi.
ü  Siswa mempertanyakan kalimat (dari segi isi dan struktur) yang dominan digunakan dalam laporan hasil observasi.
Mengumpulkan informasi
ü  Siswa membaca referensi tentang  laporan hasil observasi lain.
ü  Siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi kalimat definisi dalam laporan hasil observasi.
ü  Siswa mendata kalimat simpleks dan kompleks dalam laporan hasil observasi.
ü  Siswa mengidentifikasi verba dan frasa verba dalam laporan hasil observasi.
ü  Siswa mengidentifikasi nomina dan frasa nomina dalam laporan hasil observasi.
Menalar
ü  Siswa bersama-sama mengidentifikasi struktur kebahasaan dalam laporan hasil observasi
ü  Siswa berkelompok untuk membedakan kalimat simplek dan kompleks
Mengomunikasikan
ü  Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü  Mengomentari hasil kerja teman dan kelompok lain.
45 menit
Penutup

ü  Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü  Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü  Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü  Guru memberikan evaluasi
ü  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
35 menit

Pertemuan Kedua
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan

ü Guru memberi salam
ü Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü Siswa melengkapi presensi kelas.
ü siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung kehidupan yang baik.
ü Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang teks laporan hasil observasi
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
ü Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
ü Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
ü  Siswa membaca  laporan hasil observasi yang tersaji dalam  buku atau media lain
ü  Siswa mencermati penggunaan kata, frasa, dan kalimat dalam laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
ü  Siswa mempertanyakan jenis kata dan frasa yang dominan digunakan dalam laporan hasil observasi.
ü  Siswa mempertanyakan kalimat (dari segi isi dan struktur) yang dominan digunakan dalam laporan hasil observasi.
Mengumpulkan informasi
ü  Siswa membaca referensi tentang  laporan hasil observasi lain.
Menalar
ü  Siswa ditugaskan untuk membenahi kesalahan kalimat definisi.
ü  Siswa membenahi kesalahan penggunaan karimat dari segi isi dan struktur yang digunakan dalam laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
ü  Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü  Mengomentari hasil kerja teman dan kelompok lain.
45 menit
Penutup

ü  Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü  Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü  Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü  Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
35
menit

Pertemuan Ketiga
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan

ü Guru memberi salam
ü Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü Siswa melengkapi presensi kelas.
ü siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung kehidupan yang baik.
ü Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang teks laporan hasil observasi
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
ü Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
ü Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
ü  Siswa membaca  laporan hasil observasi yang tersaji dalam  buku atau media lain
Mempertanyakan
ü  Siswa mempertanyakan gagasan utama dan gagasan penjelas
ü  Siswa mempertanyakan struktur dan kebahasaan laporan hasil observasi.
Mengumpulkan informasi
ü  Siswa membaca referensi tentang  laporan hasil observasi lain.
ü  Siswa ditugaskan untuk mendata gagasan utama dan gagasan penjelas dalam laporan hasil observasi yang telah dibaca
ü  Siswa memilih satu obyek sebagai topik untuk menulis laporan hasil observasi.
ü  Siswa mendata informasi terkait bagian-bagian obyek yang diobservasi.
Menalar
ü  Siswa menyusun pernyataan umum dengan kalimat definisi menggunakan kalimat kompleks.
ü  Siswa menyusun infomasi bagian-bagian obyek yang diobservasi dengan menggunakan verba dan frasa verba; serta nomina dan frasa nomina.
ü  Siswa menyusun laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi, struktur, dan kebahasaannya.
Mengomunikasikan
ü  Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
ü  Mengomentari hasil kerja teman dan kelompok lain.
45
menit
Penutup

ü  Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü  Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü  Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü  Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü  Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
35 menit

J.        Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.         Teknik Penilaian       :               Tes Tertulis (Post Tes)
2.         Instrumen Penilaian
a.         Pertemuan pertama
Ø  Penilaian pengetahuan      : uraian
Ø  Penilaian keterampilan : observasi
b.        Pertemuan kedua
Ø  Penilaian pengetahuan      : uraian
Ø  Penilaian keterampilan : observasi
c.         Pertemuan ketiga
Ø  Penilaian pengetahuan        : uraian
Ø  Penilaian keterampilan        : observasi

3.         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Siswa yang telah berhasil dengan nilai di atas ketuntasan/KKM dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
b.      Siswa yang belum mencapai ketuntasan kognitif tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.
1)      Tuntas secara klasikal
Melaksanakan program pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.
2)      Tidak tuntas secara klasikal
Melaksanakan program perbaikan, sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.


Mengetahui,                                                                        Tuban, 23 Juli 2016
Kepala SMK Negeri Widang                                              Guru Mata Pelajaran


KS                                                                                      L
NIP.                                                                                    NIP.



Lampiran
PROSEDUR PENILAIAN
Penilaian Proses(sikap)

            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Tanggung jawab
5.
Proaktif

Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam membandingkanteks laporan hasil observasi!
2.                  Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
3.    Ungkapkan kembali  langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
Jawaban
1.      Langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis perbedaan struktur isi dan bahasa
2.      Langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
Menetapkan tema teks
Menetapkan tujuan teks
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5



Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah teks laporan hasil observasi yang koheren!
Rubrik Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks laporan hasil observasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemilihan tema (topik) sesuai struktur isi teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah pemilihan tema (topik)  teks sesuai struktur  isi teks laporan hasil observasi?
2.
Ketepatan penulisan sesuai struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah penulisan teks sesuai struktur  isi dan bahasa tekslaporan hasil observasi?
3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menulis teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?

Lembar pengamatan

PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester           : ...............................................................
Tahun Ajaran              : ...............................................................
Waktu pengamatan       : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
2.      Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
3.      Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
4.      Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
5.      Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No
Nama Siswa
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
Proaktif
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1
2
3
4
5


Komentar

Postingan Populer