contoh RPP 3.1 Bahasa Indonesia
Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMK Kurikulum Nasional
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : X /Ganjil
Materi Pokok : Laporan Hasil
Observasi
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (1 x
2 jam pelajaran @ 45 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menginterpretasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis.
4.1 Merevisi isi teks laporan hasil observasi
berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1. Mengidentifikasi isi teks laporan hasil
observasi
3.1.2. Menyimpulkan fungsi teks laporan hasil
observasi
3.1.3. Menyusun ringkasan isi teks laporan
hasil observasi
4.1.1. Melengkapi isi laporan teks hasil
observasi
4.1.2. Membenahi kesalahan isi teks laporan
hasil observasi
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
3.1.1.1 Siswa dapat mengidentifikasi isi pokok teks laporan hasil observasi setelah
mendengarkan laporan hasil observasi
3. 1.2.1 Siswa dapat menyimpulkan fungsi teks
laporan hasil observasi setelah berdiskusi kelompok
Pertemuan Kedua
3.1.3.1 Siswa dapat menyusun ringkasan isi teks laporan hasil observasi dengan
percaya diri
Pertemuan Ketiga
4.1.1.1 Siswa dapat melengkapi teks laporan
hasil observasi dengan percaya diri
4.1.2.1 Siswa dapat membenahi kesalahan teks
laporan hasil observasi melalui kegiatan penyuntingan secara individual.
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian laporan hasil observasi
Teks laporan hasil observasi disebut juga teks klasifikasi karena teks tersebut memuat
klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. perlu
diingat! Teks laporan hasil observasi berbeda dengan teks deskripsi, yang
perbedaannya terletak pada sifatnya.
2. Ciri-ciri laporan hasil observasi
Ø bersifat global dan universal (umum).
Ø menekankan pada pengelompokan berbagai hal.
Ø berkaitan dengan berhubungan berjenjang antara sebuah kelas dan subkelas
1. Fungsi dan tujuan laporan hasil observasi
fungsi
laporan hasil penelitian, antara lain:
Ÿ Memberitahukan
atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan.
Ÿ Memberitahukan
atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan
masalah.
Ÿ Merupakan
sumber informasi dan
Ÿ Merupakan bahan
untuk pendokumentasian.
Sementara
tujuan laporan, antara lain:
Ÿ Mengatasi
suatu masalah,
Ÿ Mengambil
suatu keputusan yang lebih efektif.
Ÿ Mengetahui
kemajuan dan perkembangan suatu masalah.
Ÿ Mengadakan
pengawasan dan perbaikan.
Ÿ Menemukan
teknik–teknik baru.
2. Struktur laporan hasil observasi
Teks laporan hasil observasi diawali dengan pernyataan umum atau klasifikasi dan
diikuti dengan aspek yang akan dilaporkan. Pernyataan umum merupakan pembuka
atau pengantar tentang apa yang akan dilaporkan. Adapun aspek yang dilaporkan
merupakan perincian dari laporan tersebut. Kalau masih belum dimengerti, lebih
singkatnya nih :
Struktur yang tertera di buku SPM (Seri Pendalaman Materi)
Struktur yang tertera di buku SPM (Seri Pendalaman Materi)
Ÿ Pernyataan umum/klasifikasi = Berisikan pernyataan umum atau gambaran
global mengenai apa yang akan dibahas dalam teks tersebut
Ÿ Anggota/aspek yang dilaporkan = Berisi rincian atau gambaran khusus
mengenai objek yang dibahas
Struktur
yang saya dapat dari guru
Ÿ Definisi Umum = Pembukaan berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas
Ÿ Definisi Bagian = Berisi ide pookok dari setiap paragraf/penjelasan rinci
Ÿ Definisi Manfaat = Manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
Ÿ Penutup = Bagian rincian akhir
B. Pendekatan, Model dan Metode
1.
Pendekatan pembelajaran : pendekatan proses saintifik
2.
Model pembelajaran : discovery learning
3.
Metode pembelajaran : diskusi dan tanya jawab
C.
Media,
Alat/Bahan Pembelajaran
1.
Media
ü
Teks laporan hasil observasi
ü
Rekaman pembacaan laporan hasil observasi
2.
Alat
3.
Bahan
D.
Sumber Belajar
1.
Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas X
2.
Artikel dari berbagai sumber
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
ü
Guru memberi salam
ü
Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü
Siswa melengkapi presensi kelas.
ü
siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam
kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung
kehidupan yang baik.
ü
Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang
teks laporan hasil observasi
ü
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
ü
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
ü
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
ü
Siswa
diminta untuk mendengarkan laporan hasil observasi yang dibacakan
ü
Siswa
mencermati isi pokok laporan hasil observasi yang didengar
ü
Siswa
mencatat isi pokok laporan hasil observasi yang didengarkan
Mempertanyakan
ü
Siswa
menanyakan hal
yang berkaitan dengan isi pokok
dalam laporan hasil observasi.
ü
Siswa
ditugaskan untuk mendiskusikan hasil mencatat isi pokok laporan hasil
observasi yang diperdengarkan
Mengumpulkan
informasi
ü
Siswa
menggali informasi tentang isi pokok laporan hasil observasi dari berbagai
sumber belajar
Menalar
ü
Siswa
ditugaskan untuk menyimpulkan fungsi laporan hasil observasi yang telah
didengarkan
Mengomunikasikan
ü
Siswa
mempresentasikan hasil kerja dalam
diskusi kelompok yang berupa isi pokok dan fungsi laporan hasil observasi
ü
Siswa
memberikan tanggapan secara lisan terhadap ringkasan isi
laporan hasil observasi yang disampaikan teman.
|
45 menit
|
Penutup
|
ü
Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü
Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü
Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü
Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü
Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
|
35 menit
|
Pertemuan Kedua
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
ü
Guru memberi salam
ü
Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü
Siswa melengkapi presensi kelas.
ü
siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam
kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung
kehidupan yang baik.
ü
Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang
teks laporan hasil observasi
ü
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
ü
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
ü
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
ü
Siswa
diminta untuk membaca laporan hasil observasi yang telah disiapkan
ü
Siswa
ditugaskan untuk mengidentifikasi pokok-pokok laporan hasil observasi
Mempertanyakan
ü
Siswa
menanyakan hal-hal yang berkaitan
dengan laporan hasil observasi.
ü
Siswa
ditugaskan untuk mendiskusikan hasil identifikasi pokok-pokok isi laporan hasil observasi
Mengumpulkan
informasi
ü
Siswa
menggali informasi tentang laporan hasil observasi dari berbagai sumber
belajar
Menalar
ü
Siswa
ditugaskan untuk membuat ringkasan laporan hasil observasi yang telah dibaca
Mengomunikasikan
ü
Siswa
mempresentasikan hasil kerja dalam
diskusi kelompok yang berupa ringkasan hasil observasi
ü
Siswa
memberikan tanggapan secara lisan terhadap ringkasan isi
laporan hasil observasi yang disampaikan teman.
|
45 menit
|
Penutup
|
ü
Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü
Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü
Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü
Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü
Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
|
35
menit
|
Pertemuan Ketiga
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
ü
Guru memberi salam
ü
Siswa dan guru berdo’a untuk memulai pelajaran.
ü
Siswa melengkapi presensi kelas.
ü
siswa diminta untuk mengamati keadaan kebersihan lingkungan di dalam
kelas, dan menyampaikan pentingnya kebersihan lingkungan untuk mendukung kehidupan
yang baik.
ü
Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya tentang
teks laporan hasil observasi
ü
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
ü
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
ü
Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
ü
Siswa
diminta untuk membaca laporan hasil observasi yang telah disiapkan
Mempertanyakan
ü
Siswa
menanyakan hal-hal yang berkaitan
dengan laporan hasil observasi.
ü
Siswa
ditugaskan untuk melengkapi isi laporan hasil observasi
Mengumpulkan
informasi
ü
Siswa
menggali informasi tentang laporan hasil observasi dari berbagai sumber
belajar
Menalar
ü
Siswa
ditugaskan untuk membenahi kesalahan dalam isi laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
ü
Siswa
mempresentasikan hasil kerja yang
berupa melengkapi isi laporan hasil observasi dan membenahi kesalahan dalam
isi laporan hasil observasi
ü
Siswa
memberikan tanggapan secara lisan terhadap ringkasan isi
laporan hasil observasi yang disampaikan teman.
|
45
menit
|
Penutup
|
ü
Siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas
ü
Guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
ü
Guru merefleksi kegiatan yang sudah dilakukan
ü
Guru memberikan evaluasi melalui post tes 1
ü
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam tugas mandiri/kelompok
ü
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü
Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran
|
35 menit
|
F. Penilaian Pembelajaran,
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis (Post Tes)
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan pertama
Ø
Penilaian pengetahuan : uraian
Ø
Penilaian keterampilan : observasi
b.
Pertemuan kedua
Ø
Penilaian pengetahuan : uraian
Ø
Penilaian keterampilan : observasi
c.
Pertemuan ketiga
Ø
Penilaian pengetahuan : uraian
Ø
Penilaian keterampilan :
observasi
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Siswa yang telah berhasil dengan
nilai di atas ketuntasan/KKM dilanjutkan ke kompetensi dasar berikutnya.
b.
Siswa yang belum mencapai
ketuntasan kognitif tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya tetapi
harus mengikuti program remedial terlebih dahulu.
1) Tuntas secara klasikal
Melaksanakan
program pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program
perbaikan.
2) Tidak tuntas secara klasikal
Melaksanakan program perbaikan,
sementara peserta didik yang tuntas mengikuti program pengayaan.
Mengetahui, Tuban,
23 Juli 2016
Kepala SMK Negeri Widang Guru
Mata Pelajaran
KS L
NIP. ` NIP.
Lampiran
- Penilaian Sikap melalui Penilaian
antar Peserta Didik
Penilaian
antar Peserta Didik
Nama Peserta
Didik : …………………………………
Kelas/Semester
: …………………………………
Hari, tanggal
: …………………………………
Kompetensi
Dasar
: ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
Petunjuk
- Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran.
- Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil
pengamatannu.
- Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu.
No
|
Perilaku
|
Dilakukan/muncul
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Mau
menerima pendapat teman
|
||
2
|
mengambil
keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan
|
||
3
|
Memberi
solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
||
4
|
Mengungkapkan
informasi disertai dengan sumber rujukan
|
||
5
|
………………………………..
|
Keterangan:
- Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no 1.2dan
4) dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perilaku positif
= 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1 dan Tidak = 2
- Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi hasil penilaian
menggunakan format berikut.
REKAP PENILAIAN SIKAP
No
|
Nama
|
Skor perilaku/sikap
|
Jumlah
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
|
|||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
v Instrumen
soal
- Berdasarkan teks laporan hasil observasi yang diberikan, identifikasikanlah
dan jelaskan struktur teks laporan hasil observasi dengan data yang
mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
- Berdasarkan teks laporan hasil observasi, identifikasi dan jelaskanlah
ciri-ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung
(kalimat atau bagian paragraf)!
v Kunci
1)
|
Struktur
Teks
|
Kalimat
|
|
Definisi
umum
|
|||
Deskripsi
bagian
|
|||
Deskripsi
manfaat
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
2)
|
Ciri-ciri
Teks
|
Kalimat
|
|
Penggunaan
kata sifat
|
|||
Penggunaan
kata kerja aksi
|
|||
Penggunaan
istilah-istilah teknis
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
v Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek dan
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a. Struktur
dan ciri-ciri teks observasi lengkap
b. Struktur dan
ciri-ciri teks observasi kurang lengkap
c. Struktur
dan ciri-ciri teks observasi tidak lengkap
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a. Data
(kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi
dimaksud
b. Data (kalimat)
kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks
observasi dimaksud
c. Data
(kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri
teks observasi dimaksud
|
3
2
1
|
v Tes
Unjuk kerja
- Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna kata atau
istilah yang digarisbawahi pada teks laporan tersebut!
- Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna teks laporan
tersebut disertai dengan data yang mendukung!
PROSEDUR PENILAIAN
1.
Penilaian aspek sikap dilakukan melalui tahapan:
a.
mengamati perilaku peserta didik selama pembelajaran;
b.
mencatat perilaku peserta didik dengan menggunakan lembar
observasi/pengamatan;
c.
menindaklanjuti hasil pengamatan; dan
d.
mendeskripsikan perilaku peserta didik.
2.
Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tahapan:
a.
menyusun perencanaan penilaian;
b.
mengembangkan instrumen penilaian;
c.
melaksanakan penilaian;
d.
memanfaatkan hasil penilaian; dan
e.
melaporkan hasil penilaian dalam bentuk angka dengan skala 0-100 dan
deskripsi.
3.
Penilaian aspek keterampilan dilakukan melalui tahapan:
a.
menyusun perencanaan penilaian;
b.
mengembangkan instrumen penilaian;
c.
melaksanakan penilaian;
d.
memanfaatkan hasil penilaian; dan
e.
melaporkan hasil penilaian dalam bentuk angka dengan skala 0-100 dan
deskripsi.
4.
Prosedur penilaian proses belajar dan hasil belajar oleh pendidik dilakukan
dengan urutan:
a.
menetapkan tujuan penilaian dengan mengacu pada RPP yang telah disusun;
b.
menyusun kisi-kisi penilaian;
c.
membuat instrumen penilaian berikut pedoman penilaian;
d.
melakukan analisis kualitas instrumen;
e.
melakukan penilaian;
f.
mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil penilaian;
g.
melaporkan hasil penilaian; dan
h.
memanfaatkan laporan hasil penilaian.
5.
Prosedur penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dengan
mengkoordinasikan kegiatan dengan urutan:
a.
menetapkan KKM;
b.
menyusun kisi-kisi penilaian mata pelajaran;
c.
menyusun instrumen penilaian dan pedoman penskorannya;
d.
melakukan analisis kualitas instrumen;
e.
melakukan penilaian;
f.
mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil penilaian;
g.
melaporkan hasil penilaian; dan
h.
memanfaatkan laporan hasil penilaian.
Komentar
Posting Komentar