SOAL BI PAS GASAL KELAS X


A.    Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d, atau e, pada jawaban yang benar!

1.      Berikut yang merupakan kalimat definisi adalah .....
a.       Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
b.      Bulunya berwarna putih dan coklat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam.
c.       Kuda mempunyai ekor sepanjang satu meter.
d.      Kucingku berwarna hitam, matanya bulat, dan besinar.
e.       Harimau (panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “kucing besar” itu adalah pemangsa dan pemakan daging.
2.      Perhatikan teks berikut!
Lingkungan RT 03 kurang bersih, karena kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kebersihan dan kurangnya keberadaan fasilitas kebersihan, seperti tong sampah. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03. Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut. Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.
Dari teks tersebut, yang termasuk dalam definisi umum hasil analisis laporan adalah .....
a.       Lingkungan RT 03 kurang bersih
b.      Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan
c.       Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03
d.      Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut.
e.       Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan
3.      Selama ribuan tahun, fungsi otak merupakan misteri. Bangsa Mesir purba membuang bagian otak ketika membalsem jenazah untuk dijadikan mumi. Ketika itu, mereka menganggap “jiwa” manusia terletak di “hati”. Itu yang menjadi anggapan Aristoteles. Filusuf ini menganggap aktivitas mental dan persepsi terjadi di hati.
Teks di atas merupakan hasil observasi terhadap .....
a.       Kebidayaan bangsa mesir
b.      Fungsi otak
c.       Jiwa manusia
d.      Bangsa mesir
e.        Pembalseman jenazah
4.      (1) kebersihan kelas terbukti banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun siswa dalam pembelajaran.
(2) kebersihan kelas harus kita budayakan penerapannya.
Kedua kalimat simpleks di atas agar menjadi kalimat kompleks dapat digabung dengan kata sambung .....
a.       Sedangkkan                 d. Karena
b.      Lagi                             e. Karena itu
c.       Lagi pula
Cermati kutipan berikut untuk soal nomor 5 dan 6!
1)Suku badui dalam sangat taat mempertahankan adat istiadat dan warisan nenek moyangnya. 2) Mereka memakai pakaian yang berwarna putih yang tidak berkerah, mengenakan ikat kepala, serta membawa golok. 3) Suku ini melarang warganya memakai pakaian modern. 4) Ke mana pun mereka bepergian, mereka tidak menggunakan kendaraan, bahkan tidak memakai alas kaki. 5) Untuk berpergian ke mana pun, termasuk ke desa terdekat, mereka harus berangkat secara berkelompok.
5.      Frasa nomina yang menduduki jabatan sebagai subjek terdapat pada kalimat .....
a.       1 dan 2                                    d. 3 dan 4
b.      1 dan 3                                    e. 4 dan 5
c.       2 dan 3
6.      Penggunaan frasa verba terdapat pada kalimat .....
a.       1,2,3                            d. 2,3,4
b.      1,3,4                            e. 3,4,5
c.       1,4,5
7.      Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal mengalami kemajuan. Kemajuan yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan.
Kalimat utama pada penggalan teks eksposisi di atas adalah .....
a.       Kemajuan zaman.
b.      Banyak hal mengalami kemajuan.
c.       Kemajuan teknologi yang makin canggih.
d.      Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal mengalami kemajuan
e.       Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan tekn ologi kesehatan.
8.      Berikut ini yang merupakan pernyataan umum atau tesis dalam sebuah teks eksposisi adalah kalimat .....
a.       Pendidikan merupakan hal yang sangat penting.
b.      Masalah kesejahteraan guru menjadi salah satu masalah pendidikan indonesia.
c.       Jika dibandingkan dengan negara lain, pendidikan di indonesia bisa dikatakan sangat tertinggal
d.      Masyarakat indonesia sudah terbiasa dengan pendidikan yang seadanya
e.       Mutu pendidikan harus semakin ditingkatkan oleh pemerintah.
9.      Setiap orang tua tentu akan menyayangi anaknya. Begitu pun dengan saya. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk ia sehingga ia bisa tumbuh menjadi pribadi yang terbaik. Tapi, meskipun saya sudah menjaganya dengan sedemikian rupa, tetap saja kekhawatiran akan terjerumus pada narkoba. Kita semua tahu bahwa di negara kita ini bahaya narkoba semakin menjalar.
Pronomina yang tidak digunakan dalam teks eksposisi di atas adalah .....
a.       Kami                            d. -nya
b.      Saya                             e. Kita
c.       Ia
10.  Anak remaja kini berbeda dengan anak remaja dulu. Jika dulu anak remaja sangat patuh, hormat, dan sopan, kepada orang tua, kini sangat jarang anak remaja yang mana masih berlaku patuh dan sopan. Apalagi kepada orang tua yang tidak atau belum dikenal. Keadaan seperti ini bisa jadi merupakan akibat dari kurangnya pendidikan kesopanan dan kesantunan.
Dalam teks diatas, terdapat kalimat yang perlu disunting, yaitu kalimat .....
a.       Pertama                        d. Keempat
b.      Kedua                          e. Kedua dan keempat
c.       Ketiga
11.  Perhatikan teks berikut!
Bahasa Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah Bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan Bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunai Darussalam yang sudah menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, Bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan Bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, Bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi sudah sewajarnya Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN.
Kata hubung yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah .....
a.       Yang                            d. Selain itu
b.      Jadi                              e. Bahkan
c.       Dan
12.  Saat beraktivitas fisik, kita sebenarnya dapat melihat berapa kebutuhan kita akan cairan. Caranya dengan menimbang berat badan sebelum dan sesudah berolahraga. Selisih berat itulah yang berasal dari cairan yang hilang. Indikator lain bisa terlihat dari warna urine. Bila terlihat agak jernih maka jumlah cairan di dalam tubuh masih cukup. Namun, bila terlihat pekat, kita membutuhkan lebih banyak cairan.
Paragraf di atas termasuk jenis teks eksposisi .....
a.       Proses                          d. Ilustrasi
b.      Definisi                                    e. Klasifikasi
c.       Pertentangan
13.  Pertanyaan berikut ini yang merupakan fakta adalah .....
a.       Menurut rina, pemimpin yang baik harus mengantar orang-orang yang dipimpinnya ke jenjang yang lebih baik.
b.      Menurut polisi, kejadian tadi siang murni bunuh diri.
c.       Ledakan semalam mengakibatkan 35 oirang tewas dan 100 orang luka.
d.      Pejabat pemerintah daerah mengatakan bahwa tanggul di seluruh wilayah kabupaten ini sebaiknya segera diperkuat.
e.       Mereka berpendapat agar tempat parkir di mal memiliki ventilasi yang banyak
Cermatilah teks anekdot dibawah ini untuk mengerjakan soal nomor 14-17!
1)      Di kantin sebuah universitas, udin dan tono, dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.
2)      Tono         : “Saya heran dosen ilmu politik, kalau mengajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri.”
3)      Udin         : “Ah, begitu saja diperhatikan sih,Ton.”
4)      Tono         : “Ya. Kau tau sebabnya?”
5)      Udin         : “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri.”
6)      Tono         : “Bukan itu sebabnya, din. Sebabnya dia juga seorang pejabat.”
7)      Udin         : “Loh, apa hubungannya.”
8)      Tono         : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.”
9)      Udin         :”???”
14.  Masalah apa yang dibahas dalam teks anekdot di atas adalah .....
a.       Dua orang mahasiswa sedang berbincang di kantin sebuah universitas
b.      Dosen yang merangkap jadi pejabat
c.       Dosen yang selalu duduk ketika mengajar
d.      Perselisihan antara udin dan tono
e.       Dosen yang takut kursinya diduduki orang lain
15.  Makna tersirat yang disampaikan dalam teks anekdot di atas, yaitu .....
a.       Dosen yang tidak mau kursinya diduduki orang lain
b.      Pejabat yang takut kehilangan jabatannya atau tidak mau diganti oleh pejabat baru
c.       Dosen yang tidak kuat lagi berdiri karena faktor usia
d.      Ketika diberi pekerjaan baru haruslah bersyukur
e.       Jadi seorang dosen dan pejabat tidak ada yang mempermasalahkan
16.  Struktur orientasi dari teks anekdot di atas terdapat pada dialog nomor ....
a.       2                                  d. 5
b.      3                                  e. 6
c.       4
17.  Berikut ini merupakan pesan moral yang terdapat pada teks anekdot tersebut, kecuali ....
a.       Agar para pejabat tidak takut turun dari jabatannya
b.      Seharusnya para pejabat takut kehilangan jabatan
c.       Menyindir para pejabat yang takut kehilangan jabatannya
d.      Agar para pejabat sadar bahwa jabatan itu ada masanya
e.       Ketika habis masa jabatannya, hendaknya legawa bersedia digantikan oleh orang lain
18.    Pada suatu hari, Onyod Si Tukang Becak berniat membeli makan siangnya selepas mengayuh becaknya selama setengah hari. Tibalah ia disebuah rumah makan sederhana milik Odah.
Kalimat kedua pada penggalan anekdot di atas tergolong ke dalam bagian ......
a.       Abstraksi                    d. Reaksi
b.      Orientasi                     e. Koda
c.       Krisis
19.    Setelah kejadian tersebut, kelas kembali tenang seperti semula.
Kutipan di atas merupakan bagian dari struktur teks yang disebut ....
a.       Abstraksi                    d. Reaksi
b.      Orientasi                     e. Koda
c.       Krisis
20.  1) Bu Guru pun tersenyum
2) “Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum dinegeri kita?” Tanya Bu Guru di depan kelas.
3) Bu Guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
4) Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5) “Hukum kantong kresek Bu,” kata anak itu.
6) “Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil, Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.”
Susunan yang tepan agar menjadi sebuah teks anekdot sesuai strukturnya adalah .....
a.       1)-2)-3)-4)-5)-6)
b.      2)-4)-5)-3)-6)-1)
c.       2)-4)-3)-5)-1)-6)
d.      1)-2)-3)-4)-5)-6)
e.       3)-2)-1)-4)-5)-6)
Cermatilah teks anekdot dibawah ini untuk mengerjakan soal nomor 21-22!
Sebelum memilih jurusan, setiap siswa diwawancarai untuk menjaring data. Wawancara berlangsung selama 10 menit.
Petugas            : “Aini!”
Aini     : “Ya, pak”
Petugas            : “Silahkan duduk. Bapakmu buruh, ya?”
Aini     : “Kok tahu, pak?”
Petugas            : “Pipimu tidak berstempel sping bed tapi tikar.”
Aini     : “Maksud bapak apa, ya?”
Petugas            : “Bercanda, mbak.”
Aini masih bersungut-sungut tapi ia harus menjawab pertanyaan petugas selanjutnya.
21.  Sifat atau ciri yang terdapat pada teks anekdot di atas, kecuali .....
a.       Memiliki pesan/ajaran moral
b.      Memiliki struktur
c.       Lucu/konyol
d.      Menggurui
e.       Menyindir
22.  Sindiran yang ada pada teks di atas ada pada kalimat ....
a.       Wawancara berlangsung selama 10 menit
b.      “Silahkan duduk.”
c.       “Pipimu tidak berstempel spring bed tapi tikar.”
d.      “Maksud bapak apa, ya?”
e.       “Bercanda, mbak.”
23.  Bacalah teks anekdot berikut dengan seksama!
Suatu hari, Aziz dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil. Saat itu,  malam hari dan hujan turun dengan lebat. Sial bagi Aziz, lampu depan mobilnya padam karena tidak ada penerangan yang cukup, Aziz mengikuti mobil depannya. Tiba-tiba, mobil yang diikuti Aziz mendadak berhenti, dan mengakibatkan Aziz menabrak mobil tersebut.
Aziz           : “Ini bukan salah saya, salah kamu yang berhenti mendadak!” (sambil menantang)
Sopir          : “Itu jelas salahmu!”
Aziz           : “Kok bisa, jelas-jelas kamu yang berhenti mendadak!” (masih dengan nada menantang)
Sopir          : “Kau kira ini di mana? Di sini kan garasi rumahku
Nilai didik dari cuplikan teks anekdot di atas adalah .....
a.       Seseorang harus kritis
b.      Semua orang tidak boleh marah
c.       Kita harus berjuang sampai darah penghabisan
d.      Jangan lekas marah kepada orang jika belum tau persoalan yang sebenarnya
e.       Seseorang tidak boleh emosi dalam menanggapi persoalan yang sedang dihadapi
Perhatikan penggalan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 24-25!
Hatta beberapa lama ditinggal suaminya, ada anak Raja Ajam berkuda lalu melihat rupa Bibi Zainab yang terlalu elok. Berkencanlah mereka untuk bertemu melalui seorang perempuan tua. Maka pada suatu malam, pamitlah Bibi Zainab kepada burung tiuang itu hendak menemui anak raja itu. Maka bernasihatlah ditentang perbuatannya yang melanggar aturan Allah SWT. Maka marahlah istri Khojan Maimun dan disentakkannya tiung itu dari sangkarnya dan dihempaskannya sampai mati.
24.  Karakteristik hikayat yang menonjol pada penggalan hikayat tersebut adalah .....
a.       Anonim                       d. Istana sentris
b.      Kemustahilan               e. Pralogis
c.       Kesaktian
25.  Kata arkais yang terdapat pada penggalan hikayat tersebut adalah .....
a.       Dihempaskan               d. Bernasihat
b.      Hatta                            e. Berkisah
c.       Berkencan
Bacalah teks hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 26-27!
Hikayat Anggun Cik Tunggal
Tersebut pula perkataan Raja Tunggal ingin melanjutkan pelayaran ke Teluk Serai Tambang untuk menangkap Raja Pertukal serta ke Negeri Bandan untuk menghadap Raja Sianggerai. Nakhoda Bahar disuruhnya membawa perahu Raja Bedurai Putih di Tiku Pariaman. Sesampai di Negeri Tiku Pariaman, Nakhoda Bahar berbuat khianat. Dikatakannya bahwa Raja Tunggal telah dibunuh oleh Raja Bedurai Putih. Sebelum mangkat, ia berwasiat supaya Nakhoda Bahar menjadi raja dalam negeri dan kawin dengan Putri Gondah Gandariah. Ia juga mengabarkan bahwa ialah yang membunuh Raja Bedurai Putih dan membawa kepalanya kembali.
26.  Watak Nakhoda Bahar yang sesuai dengan kutipan hikayat tersebut adalah .....
a.       Pembunuh                   d. Penipu
b.      Pembohong                  e. Penghianat
c.       Penjahat
27.  Amanat yang sesuai dengan kutipan hikayat tersebut adalah .....
a.       Hindarilah perbuatan tercela
b.      Janganlah menjadi seorang penghianat
c.       Hendaknya menangkap seseorang sesuai dengan bukti
d.      Kita harus taat atas perintah atasan
e.       Membunuh adalah perbuatan yang tidak baik
28.    Bacalah penggalan hikayat “Indra Bangsawan” berikut!
Maka anak anda Baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada mualim sufiah. Sesudah tau mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
Kata arkais yang digarisbawahi pada penggalan hikayat di atas memiliki makna .....
a.       Diusir                          d. Diizinkan
b.      Diminta                       e. Diharapkan
c.       Diperintah
29.  Diambilnya pisau, lalu ditorehkannya gendang itu. Maka Putri Ratna Sari keluar dari gendang itu.
Karakteristik hikayat pada penggalan teks di atas, yaitu......
a.       Kemustahilan
b.      Kesaktian
c.       Anonim
d.      Istana sentris
e.       Bahasa melayu klasik
30.  Maka bagindapun bimbanglah, tidak tahu siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah. Jikalau baginda pun mencari muslihat, iya menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda dan berkata padanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam  negeri.
Nilai yang terkandung pada penggalan hikayat di atas, yaitu .....
a.       Nilai moral                   d. Nilai pendidikan
b.      Nilai agama                  e. Nilai sosial
c.       Nilai budaya
Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 31-32!
Syahdan, maka adalah raja di dalam negeri itu telah kembali ke Rahmatullah. Maka ia pun tiada beranak seorang pun jua. Maka segala menteri dan hulubalangnya dan orang-orang besar dan orang-orang membicarakan, siapa juga yang patut dijadikan raja yang telah kembali ke Rahmatullah. Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang menteri yang tua daripada tuan hamba sekalian. Maka ia pun berkata, katanya, “Adapunb hamba ini tua dari pada tuan hamba sekalian itu. Jikalau ada gerangan bicara mengapa segala saudaraku ini tiada hendak berkata?”
31.  Isi kutipan  tersebut menceritakan ....
a.       Masyarakat sedang berduka atas kematian rajanya
b.      Orang tua diberi hak berbicara dalam setiap pertemuan
c.       Seorang raja telah meninggal dan tidak memiliki anak
d.      Para menteri dan orang besar melakukan musyawarah pemilihan raja
e.       Hak orang berpendapat untuk memecahkan masalah dalam musyawarah
32.  Nilai sosial yang terdapat pada kutipan hikayat tersebut adalah ......
a.       Setiap negara memiliki seorang pemimpin yang dipilih rakyat
b.      Memberi kesempatan berbicara kepada semua yang hadir dalam musyawarah
c.       Kepemimpinan yang dialihkan kepada perdana menteri oleh raja yang berkuasa
d.      Orang tua lebih berpengalaman dari pada orang muda dalam berbagai hal
e.       Bermusyawarah untuk memberi kesempatan berbicara kepada yang berwenang
33.  Bagi manen, soal kesukuan itu sudah kedaluwarsa. Dari kelima kakaknya, Cuma seorang yang mempersunting gadis sesukunya. “Bhineka Tunggal Ika” kata ayahnya banggga. Bukankah sekarang kita semuanya orang Indonesia? Dan apa gerangan menjadi suku bangsa yang satu lebih bermutu, lebih “Indonesia” dari yang lain?
Hal paling penting yang terpancar dari penggalan novel tersebut ialah .....
a.       Kesadaran bahwa kita bangsa Indonesia walaupun terdiri dari berbagai suku tetapi tetap satu
b.      Hal-hal yang bersifat kesukuan jangan dipermasalahkan lagi
c.       Pernikahan antar suku sudah merupakan hal yang biasa
d.      Berbagai suku yang ada di Indonesia mempunyai kedudukan yang sama sebagai anak bangsa
e.       Kita tidak bisa meminta untuk dilahikan pada suku tertentu
34.  Bioteknologi pertanian modern dikembangkan melalui dua kegiatan dasar, yaitu kultur jaringan dan rekayasa genetika. Teknik kultur jaringan memungkinkan kita mengisolasi jaringan sel-sel tumbuhan, kemudian menanamkannya di luar tumbuh-tumbuhan itu sendiri.
Intisari bacaan di atas adalah.....
a.       Dua kegiatan dasar modern dikembangkan melalui bioteknologi pertanian
b.      Kegiatan dasar kultur jaringan dan rekayasa genetika
c.       Bioteknologi jaringan dan sel-sel
d.      Bioteknologi  akan  dikembangkan
e.       Penanaman kultur jaringan di luar tumbuhan
35.   Pelajaran baru dimulai sejam lagi. Namun, senin pekan  lalu siswa kelas enam Sekolah Dasar Negeri Kecila II di Banyumas, Jawa Tengah, sudah berdatangan. Tas masih menjadi barang mewah  bagi anak petani itu. Kebanyakan buku tulis mereka jinjing telanjang, masih lumayan kalau ada yang membawanya dalam tas plastik. Adapun baju putih mereka sudah hilang sinarnya.
Ide pokok paragraf di atas adalah ....
a.       Senin pekan lalu siswa kelas enam Sekolah Dasar Negeri Kecila II di Banyumas sudah berdatangan
b.      Tas masih menjadi barang mewah bagi anak petani itu
c.       Kebanyakan buku tulis mereka jinjing telanjang
d.      Pelajaran baru dimulai sejam lagi
e.       Adapun baju putih mereka sudah kehilangan sinarnya
36.  Musik berirama dangdut banyak penggemarnya dewasa ini. Jenis musik tersebut tidak hanya disenangi oleh masyarakat pedesaan, tetapi juga oleh masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan bila semua stasiun televisi yang ada di negeri ini memprogramkan paket khusus penayangan musik berirama dangdut meskipun dengan jam tayang yang berbeda-beda. Banyak pengusaha rekaman memanfaatkannya.
Rangkuman yang tepat sesuai paragraf di atas adalah .....
a.       Musik dangdut digemari berbagai kalangan sehingga diprogramkan semua stasiun tv
b.      Musik dangdut berkembang pesat berkat para pengusaha rekaman dan stasiun tv
c.       Kini penggemar musik dangdut tidak hanya masyarakat pedesaan, tetapi juga masyarakat perkotaan
d.      Masyarakat pada umumnya senang akan tayangan musik dangdut karena musik dangdutnmudah dinikmati
e.       Musik berirama dangdut sudah memiliki banyak penggemar
37.  Ternyata film “Bumi Makin Panas”  benar, setidaknya di alaska. Hasil sejumlah foto udara pada kawasan tundra di Alaska membuktikan kebenarannya. Tampak jelas di sana bahwa pepohonan, jenis perdu atau semak ternyata semakin membesar baik dalam ukuran maupun jumlah selama beberapa dekade terakhir. Padahal, di dataran beku dan gersang ini biasanya tumbuhan sangat sulit hidup.
Rangkuman yang tepat untuk paragraf di atas adalah ....
a.       Film Bumi Makin Panas benar-benar diputar di Alaska
b.      Hasil foto udara di Alaska akan dibuat ke dalam fil dengan judul bumi makin panas
c.       Dataran Alaska di kutub utara di tumbuhi tumbuh-tumbuhan perdu dan semak
d.      Meluasnya daerah tumbuhan perdu di Alaska menunjukkan bahwa bumi makin panas
e.       Alaska merupakan dataran beku dan gersang sehingga tumbuh-tumbuhan sangat sulit hidup di sana.
38.  Pertolongan pertama pada kecelakaan tidak hanya menjadi tanggung jawab perugas kesehatan. Setiap anggota palang merah remaja (PMR) harus mempunyai kemampuan menolong korban kecelakaan. PMR adalah kader PMI yang bertugas dengan suka rela. Agar mampu menolong korban kecelakaan, anggota PMR diajari prinsip kepalangmerahremajaan.
Ide pokok paragraf di atas terletak pada .....
a.       Tengah paragraf’
b.      Awal paragraf
c.       Akhir paragraf
d.      Awal dan akhir paragraf
e.       Tengah dan akhir paragraf
39.  Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan singa jantan lebih santai.
Kalimat di atas menggunakan konjungsi .....
a.       Hubungan/merangkai
b.      Pengandaian
c.       Syarat
d.      Pertentangan
e.       Tujuan 
40.  Kalimat yang menggunakan ungkapan ialah .....
a.       Anak itu mengenakan baju hijau
b.      Di tempat wisata itu mereka naik kuda hitam
c.       Mereka sedang menyaksikan adu domba di lapangan
d.      Pencuri berlian itu dibawa kemeja hijau
e.       Kuda-kuda itu baru berumur 2 bulan

B.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.        Ikan air tawar adalah ikan yang menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan danau, dengan salinitas kurang dari 0,05%. Ikan air tawar terbagi ke dalam tiga golongan, yakni ikan peliharaan, ikan buas, dan ikan liar. Ikan peliharaan terdiri atas ikan-ikan yang mudah diperbanyak. Contohnya: ikan bandeng, ikan mas, ikan gurami, dan lain-lain. Ikan buas memiliki sifat jahat terhadap ikan-ikan lainnya. Contohnya: ikan gabus dan ikan lele. Ikan liar, meskipun jarang dipelihara, tetapi memiliki keuntungan secara ekonomis. Contohnya ikan pari, ikan bunter, dan ikan jeler.
Analisislah ciri kebahasaan dari teks di atas!
No.
Ciri Kebahasaan
Kutipan Dalam Teks
1
Frasa (Kelompok Kata)
Frasa Nominal

Frasa Verbal

Frasa Adjektival

Frasa Preposisional

2
Afiksasi (Pengimbuhan)
Prefisasi

Infiksasi

Susiksasi

Konfiksasi

3
Kalimat Definisi

4
kalimat simpleks/kalimat tunggal

5
kalimat komples/kalimat majemuk


2.        Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap. Terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air di awan cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap kepori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan bagi tanah, dan sebagian lagi menuju ke permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Analisislah ciri kebahasaan dari teks di atas!
No.
Ciri Kebahasaan
Kutipan Dalam Teks
1
Pronomina (Kata Ganti)

2
Kata Leksikal
Nomina (Kata Benda)

Verba (Kata Kerja)

Adjektiva (Kata Sifat)

Adverbia (Kata Keterangan)

3
Kalimat Aktif
Transitif

Intransitif


3.        Tukang Daging
Suatu pagi lewatlah seorang penjual daging. “Dageeeng! Dageeeeeeeeeng!” teriaknya.
Seorang ibu rumah tangga yang sedang sakit gigi marah mendengar teriakan Si Tukang Daging.
Ibu                                    : “Hei Tukang Daging! Kamu tidak punya otak, ya?”
Tukang daging      : “Wah kebetulan tidak punya, Bu. Hari ini daging semua yang saya bawa.”
Analisislah unsur kebahasaan dari teks di atas!
No.
Unsur Kebahasaan
Kutipan Dalam Teks
1
Kata Kias (Ungkapan/Peribahasa)

2
Kalimat Sindiran

3
Peranyaan Retoris

4
Konjungsi Waktu/Konjungsi Sebab Akibat


4.        Setelah Raja Iskandar mendengar tauhid Nabi Khidir itu, maka insaf sedikit kata Nabi Khidir itu dalam hatinya dan terjagalah ia akan pengajar gurunya hakim dengan akalnya. “Hai, orang muda, aku pun dahulu itikad inilah diajarkan guruku hakim aristoteles. Hanya baharu juga aku bubah itikad itu, digusarinya aku mengubah dia, tiada kudengarkan katanya. Maka akan sekarang, aku mendengar katamu itu mufakat sekali dengan kata guruku. Pada hatiku benar juga itikad ini, hanya sedikit syak dalam hatiku.”
Sebutkan nilai dan konsep nilai yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas!

5.        Taufik tidak terlalu berlebihan. Hanya membuat puisi yang membuat orang menyebutnya penyair. Akan tetapi, getarnya sampai ke sudut-sudut Nusantara. Bahkan puisinya dalam kumpulan Tirani dan Banten, bersifat menggugat keadaan itu memang bukanlah asal bunyi. Gugatan Taufik sekaligus menyodorkan alternatif yang bisa saja bersifat kritis, konseptualis, negatif, dan terapis. Dengan demikian, proses penyadaran dan pencerahan menjadi intensi yang tersembunyi di balik formal puisi-puisinya.
Tulislah ringkasan dari paragraf tersebut!

Komentar

Postingan Populer