SOAL BI PAS GASAL KELAS X
A.
Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d, atau e, pada jawaban
yang benar!
1.
Berikut yang merupakan kalimat
definisi adalah .....
a.
Harimau dapat mencapai tinggi 1,5
meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
b.
Bulunya berwarna putih dan coklat
keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam.
c.
Kuda mempunyai ekor sepanjang satu
meter.
d.
Kucingku berwarna hitam, matanya
bulat, dan besinar.
e.
Harimau (panthera tigris)
digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “kucing besar” itu
adalah pemangsa dan pemakan daging.
2.
Perhatikan teks berikut!
Lingkungan RT 03 kurang bersih, karena kurangnya kesadaran
masyarakatnya untuk menjaga kebersihan dan kurangnya keberadaan fasilitas
kebersihan, seperti tong sampah. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan
tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03. Kerja sama antara pengurus RT dan
masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut.
Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan
kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.
Dari teks
tersebut, yang termasuk dalam definisi umum hasil analisis laporan adalah .....
a.
Lingkungan RT 03 kurang bersih
b.
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk
menjaga kebersihan
c.
Menjaga kebersihan lingkungan
merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03
d.
Kerja sama antara pengurus RT dan
masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut.
e.
Pengurus RT berperan dalam
penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam
menjaga kebersihan lingkungan
3.
Selama ribuan tahun, fungsi otak
merupakan misteri. Bangsa Mesir purba membuang bagian otak ketika membalsem jenazah
untuk dijadikan mumi. Ketika itu, mereka menganggap “jiwa” manusia terletak di
“hati”. Itu yang menjadi anggapan Aristoteles. Filusuf ini menganggap aktivitas
mental dan persepsi terjadi di hati.
Teks di atas
merupakan hasil observasi terhadap .....
a.
Kebidayaan bangsa mesir
b.
Fungsi otak
c.
Jiwa manusia
d.
Bangsa mesir
e.
Pembalseman jenazah
4.
(1) kebersihan kelas terbukti banyak
sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun siswa dalam pembelajaran.
(2) kebersihan
kelas harus kita budayakan penerapannya.
Kedua kalimat
simpleks di atas agar menjadi kalimat kompleks dapat digabung dengan kata
sambung .....
a.
Sedangkkan d. Karena
b.
Lagi e.
Karena itu
c.
Lagi pula
Cermati kutipan
berikut untuk soal nomor 5 dan 6!
1)Suku badui
dalam sangat taat mempertahankan adat istiadat dan warisan nenek moyangnya. 2)
Mereka memakai pakaian yang berwarna putih yang tidak berkerah, mengenakan ikat
kepala, serta membawa golok. 3) Suku ini melarang warganya memakai pakaian
modern. 4) Ke mana pun mereka bepergian, mereka tidak menggunakan kendaraan,
bahkan tidak memakai alas kaki. 5) Untuk berpergian ke mana pun, termasuk ke
desa terdekat, mereka harus berangkat secara berkelompok.
5.
Frasa nomina yang menduduki jabatan
sebagai subjek terdapat pada kalimat .....
a.
1 dan 2 d. 3 dan 4
b.
1 dan 3 e. 4 dan 5
c.
2 dan 3
6.
Penggunaan frasa verba terdapat pada
kalimat .....
a.
1,2,3 d. 2,3,4
b.
1,3,4 e. 3,4,5
c.
1,4,5
7.
Seiring dengan kemajuan zaman,
banyak hal mengalami kemajuan. Kemajuan yang paling mencolok adalah kemajuan
teknologi yang makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara
ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan
teknologi kesehatan.
Kalimat utama
pada penggalan teks eksposisi di atas adalah .....
a.
Kemajuan zaman.
b.
Banyak hal mengalami kemajuan.
c.
Kemajuan teknologi yang makin
canggih.
d.
Seiring dengan kemajuan zaman,
banyak hal mengalami kemajuan
e.
Selain itu, secara ekonomis,
masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi informasi dan tekn ologi
kesehatan.
8.
Berikut ini yang merupakan
pernyataan umum atau tesis dalam sebuah teks eksposisi adalah kalimat .....
a.
Pendidikan merupakan hal yang sangat
penting.
b.
Masalah kesejahteraan guru menjadi
salah satu masalah pendidikan indonesia.
c.
Jika dibandingkan dengan negara
lain, pendidikan di indonesia bisa dikatakan sangat tertinggal
d.
Masyarakat indonesia sudah terbiasa
dengan pendidikan yang seadanya
e.
Mutu pendidikan harus semakin
ditingkatkan oleh pemerintah.
9.
Setiap orang tua tentu akan
menyayangi anaknya. Begitu pun dengan saya. Saya selalu berusaha melakukan yang
terbaik untuk ia sehingga ia bisa tumbuh menjadi pribadi yang terbaik. Tapi,
meskipun saya sudah menjaganya dengan sedemikian rupa, tetap saja kekhawatiran
akan terjerumus pada narkoba. Kita semua tahu bahwa di negara kita ini bahaya
narkoba semakin menjalar.
Pronomina yang
tidak digunakan dalam teks eksposisi di atas adalah .....
a.
Kami d.
-nya
b.
Saya e.
Kita
c.
Ia
10.
Anak remaja kini berbeda dengan anak
remaja dulu. Jika dulu anak remaja sangat patuh, hormat, dan sopan, kepada
orang tua, kini sangat jarang anak remaja yang mana masih berlaku patuh dan
sopan. Apalagi kepada orang tua yang tidak atau belum dikenal. Keadaan seperti
ini bisa jadi merupakan akibat dari kurangnya pendidikan kesopanan dan
kesantunan.
Dalam teks
diatas, terdapat kalimat yang perlu disunting, yaitu kalimat .....
a.
Pertama d. Keempat
b.
Kedua e. Kedua dan keempat
c.
Ketiga
11.
Perhatikan teks berikut!
Bahasa Indonesia
sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah Bahasa Inggris. Ada banyak
negara ASEAN yang menggunakan Bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia,
Singapura, dan Brunai Darussalam yang sudah menjadikan Bahasa Indonesia sebagai
bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, Bahasa Indonesia memiliki kedudukan
yang sama dengan Bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, Bahasa Indonesia dijadikan
sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi sudah
sewajarnya Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan
ASEAN.
Kata hubung
yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di
atas adalah .....
a.
Yang d.
Selain itu
b.
Jadi e.
Bahkan
c.
Dan
12.
Saat beraktivitas fisik, kita
sebenarnya dapat melihat berapa kebutuhan kita akan cairan. Caranya dengan
menimbang berat badan sebelum dan sesudah berolahraga. Selisih berat itulah
yang berasal dari cairan yang hilang. Indikator lain bisa terlihat dari warna
urine. Bila terlihat agak jernih maka jumlah cairan di dalam tubuh masih cukup.
Namun, bila terlihat pekat, kita membutuhkan lebih banyak cairan.
Paragraf di
atas termasuk jenis teks eksposisi .....
a.
Proses d. Ilustrasi
b.
Definisi e. Klasifikasi
c.
Pertentangan
13.
Pertanyaan berikut ini yang
merupakan fakta adalah .....
a.
Menurut rina, pemimpin yang baik
harus mengantar orang-orang yang dipimpinnya ke jenjang yang lebih baik.
b.
Menurut polisi, kejadian tadi siang
murni bunuh diri.
c.
Ledakan semalam mengakibatkan 35
oirang tewas dan 100 orang luka.
d.
Pejabat pemerintah daerah mengatakan
bahwa tanggul di seluruh wilayah kabupaten ini sebaiknya segera diperkuat.
e.
Mereka berpendapat agar tempat
parkir di mal memiliki ventilasi yang banyak
Cermatilah teks
anekdot dibawah ini untuk mengerjakan soal nomor 14-17!
1)
Di kantin sebuah universitas, udin
dan tono, dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.
2)
Tono :
“Saya heran dosen ilmu politik, kalau mengajar selalu duduk, tidak pernah mau
berdiri.”
3)
Udin :
“Ah, begitu saja diperhatikan sih,Ton.”
4)
Tono :
“Ya. Kau tau sebabnya?”
5)
Udin :
“Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri.”
6)
Tono :
“Bukan itu sebabnya, din. Sebabnya dia juga seorang pejabat.”
7)
Udin :
“Loh, apa hubungannya.”
8)
Tono :
“Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.”
9)
Udin :”???”
14.
Masalah apa yang dibahas dalam teks
anekdot di atas adalah .....
a.
Dua orang mahasiswa sedang
berbincang di kantin sebuah universitas
b.
Dosen yang merangkap jadi pejabat
c.
Dosen yang selalu duduk ketika
mengajar
d.
Perselisihan antara udin dan tono
e.
Dosen yang takut kursinya diduduki
orang lain
15.
Makna tersirat yang disampaikan
dalam teks anekdot di atas, yaitu .....
a.
Dosen yang tidak mau kursinya
diduduki orang lain
b.
Pejabat yang takut kehilangan
jabatannya atau tidak mau diganti oleh pejabat baru
c.
Dosen yang tidak kuat lagi berdiri
karena faktor usia
d.
Ketika diberi pekerjaan baru
haruslah bersyukur
e.
Jadi seorang dosen dan pejabat tidak
ada yang mempermasalahkan
16.
Struktur orientasi dari teks anekdot
di atas terdapat pada dialog nomor ....
a.
2 d.
5
b.
3 e.
6
c.
4
17.
Berikut ini merupakan pesan moral
yang terdapat pada teks anekdot tersebut, kecuali ....
a.
Agar para pejabat tidak takut turun
dari jabatannya
b.
Seharusnya para pejabat takut
kehilangan jabatan
c.
Menyindir para pejabat yang takut
kehilangan jabatannya
d.
Agar para pejabat sadar bahwa
jabatan itu ada masanya
e.
Ketika habis masa jabatannya,
hendaknya legawa bersedia digantikan oleh orang lain
18.
Pada suatu hari, Onyod Si Tukang
Becak berniat membeli makan siangnya selepas mengayuh becaknya selama setengah
hari. Tibalah ia disebuah rumah makan sederhana milik Odah.
Kalimat kedua
pada penggalan anekdot di atas tergolong ke dalam bagian ......
a.
Abstraksi d. Reaksi
b.
Orientasi e. Koda
c.
Krisis
19.
Setelah kejadian tersebut, kelas
kembali tenang seperti semula.
Kutipan di atas
merupakan bagian dari struktur teks yang disebut ....
a.
Abstraksi d. Reaksi
b.
Orientasi e. Koda
c.
Krisis
20.
1) Bu Guru pun tersenyum
2) “Siapa yang
bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum dinegeri kita?” Tanya Bu Guru di
depan kelas.
3) Bu Guru bertanya
kenapa disebut hukum kantong kresek
4) Tidak lama
kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5) “Hukum
kantong kresek Bu,” kata anak itu.
6) “Hanya bisa
menyelesaikan kasus kecil, Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.”
Susunan yang
tepan agar menjadi sebuah teks anekdot sesuai strukturnya adalah .....
a.
1)-2)-3)-4)-5)-6)
b.
2)-4)-5)-3)-6)-1)
c.
2)-4)-3)-5)-1)-6)
d.
1)-2)-3)-4)-5)-6)
e.
3)-2)-1)-4)-5)-6)
Cermatilah teks
anekdot dibawah ini untuk mengerjakan soal nomor 21-22!
Sebelum memilih
jurusan, setiap siswa diwawancarai untuk menjaring data. Wawancara berlangsung
selama 10 menit.
Petugas : “Aini!”
Aini : “Ya, pak”
Petugas : “Silahkan duduk. Bapakmu buruh,
ya?”
Aini : “Kok tahu, pak?”
Petugas : “Pipimu tidak berstempel sping bed
tapi tikar.”
Aini : “Maksud bapak apa, ya?”
Petugas : “Bercanda, mbak.”
Aini masih
bersungut-sungut tapi ia harus menjawab pertanyaan petugas selanjutnya.
21.
Sifat atau ciri yang terdapat pada
teks anekdot di atas, kecuali .....
a.
Memiliki pesan/ajaran moral
b.
Memiliki struktur
c.
Lucu/konyol
d.
Menggurui
e.
Menyindir
22.
Sindiran yang ada pada teks di atas
ada pada kalimat ....
a.
Wawancara berlangsung selama 10
menit
b.
“Silahkan duduk.”
c.
“Pipimu tidak berstempel spring bed
tapi tikar.”
d.
“Maksud bapak apa, ya?”
e.
“Bercanda, mbak.”
23.
Bacalah teks anekdot berikut dengan
seksama!
Suatu hari, Aziz
dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil. Saat itu, malam hari dan hujan turun dengan lebat. Sial
bagi Aziz, lampu depan mobilnya padam karena tidak ada penerangan yang cukup, Aziz
mengikuti mobil depannya. Tiba-tiba, mobil yang diikuti Aziz mendadak berhenti,
dan mengakibatkan Aziz menabrak mobil tersebut.
Aziz : “Ini bukan salah saya, salah kamu
yang berhenti mendadak!” (sambil menantang)
Sopir : “Itu jelas salahmu!”
Aziz : “Kok bisa, jelas-jelas kamu yang
berhenti mendadak!” (masih dengan nada menantang)
Sopir : “Kau kira ini di mana? Di sini kan
garasi rumahku
Nilai didik
dari cuplikan teks anekdot di atas adalah .....
a.
Seseorang harus kritis
b.
Semua orang tidak boleh marah
c.
Kita harus berjuang sampai darah
penghabisan
d.
Jangan lekas marah kepada orang jika
belum tau persoalan yang sebenarnya
e.
Seseorang tidak boleh emosi dalam
menanggapi persoalan yang sedang dihadapi
Perhatikan
penggalan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 24-25!
Hatta
beberapa lama ditinggal suaminya, ada anak Raja Ajam berkuda lalu melihat rupa Bibi
Zainab yang terlalu elok. Berkencanlah mereka untuk bertemu melalui seorang
perempuan tua. Maka pada suatu malam, pamitlah Bibi Zainab kepada burung tiuang
itu hendak menemui anak raja itu. Maka bernasihatlah ditentang perbuatannya
yang melanggar aturan Allah SWT. Maka marahlah istri Khojan Maimun dan
disentakkannya tiung itu dari sangkarnya dan dihempaskannya sampai mati.
24.
Karakteristik hikayat yang menonjol
pada penggalan hikayat tersebut adalah .....
a.
Anonim d. Istana sentris
b.
Kemustahilan e. Pralogis
c.
Kesaktian
25.
Kata arkais yang terdapat pada
penggalan hikayat tersebut adalah .....
a.
Dihempaskan d. Bernasihat
b.
Hatta e. Berkisah
c.
Berkencan
Bacalah teks
hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 26-27!
Hikayat Anggun Cik Tunggal
Tersebut
pula perkataan Raja Tunggal ingin melanjutkan pelayaran ke Teluk Serai Tambang untuk
menangkap Raja Pertukal serta ke Negeri Bandan untuk menghadap Raja Sianggerai.
Nakhoda Bahar disuruhnya membawa perahu Raja Bedurai Putih di Tiku Pariaman.
Sesampai di Negeri Tiku Pariaman, Nakhoda Bahar berbuat khianat. Dikatakannya
bahwa Raja Tunggal telah dibunuh oleh Raja Bedurai Putih. Sebelum mangkat, ia
berwasiat supaya Nakhoda Bahar menjadi raja dalam negeri dan kawin dengan Putri
Gondah Gandariah. Ia juga mengabarkan bahwa ialah yang membunuh Raja Bedurai
Putih dan membawa kepalanya kembali.
26.
Watak Nakhoda Bahar yang sesuai
dengan kutipan hikayat tersebut adalah .....
a.
Pembunuh d. Penipu
b.
Pembohong e. Penghianat
c.
Penjahat
27.
Amanat yang sesuai dengan kutipan
hikayat tersebut adalah .....
a.
Hindarilah perbuatan tercela
b.
Janganlah menjadi seorang penghianat
c.
Hendaknya menangkap seseorang sesuai
dengan bukti
d.
Kita harus taat atas perintah atasan
e.
Membunuh adalah perbuatan yang tidak
baik
28.
Bacalah penggalan hikayat “Indra
Bangsawan” berikut!
Maka anak anda Baginda
yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi
mengaji kepada mualim sufiah. Sesudah tau mengaji, mereka dititah pula mengaji
kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
Kata arkais
yang digarisbawahi pada penggalan hikayat di atas memiliki makna .....
a.
Diusir d. Diizinkan
b.
Diminta e. Diharapkan
c.
Diperintah
29.
Diambilnya pisau, lalu ditorehkannya
gendang itu. Maka Putri Ratna Sari keluar dari gendang itu.
Karakteristik
hikayat pada penggalan teks di atas, yaitu......
a.
Kemustahilan
b.
Kesaktian
c.
Anonim
d.
Istana sentris
e.
Bahasa melayu klasik
30.
Maka bagindapun bimbanglah, tidak
tahu siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu
sama-sama gagah. Jikalau baginda pun mencari muslihat, iya menceritakan kepada
kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda dan berkata
padanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah
yang patut menjadi raja di dalam negeri.
Nilai yang
terkandung pada penggalan hikayat di atas, yaitu .....
a.
Nilai moral d. Nilai pendidikan
b.
Nilai agama e. Nilai sosial
c.
Nilai budaya
Bacalah kutipan
berikut untuk menjawab soal nomor 31-32!
Syahdan, maka
adalah raja di dalam negeri itu telah kembali ke Rahmatullah. Maka ia pun tiada
beranak seorang pun jua. Maka segala menteri dan hulubalangnya dan orang-orang
besar dan orang-orang membicarakan, siapa juga yang patut dijadikan raja yang
telah kembali ke Rahmatullah. Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada
seorang menteri yang tua daripada tuan hamba sekalian. Maka ia pun berkata,
katanya, “Adapunb hamba ini tua dari pada tuan hamba sekalian itu. Jikalau ada gerangan
bicara mengapa segala saudaraku ini tiada hendak berkata?”
31.
Isi kutipan tersebut menceritakan ....
a.
Masyarakat sedang berduka atas
kematian rajanya
b.
Orang tua diberi hak berbicara dalam
setiap pertemuan
c.
Seorang raja telah meninggal dan
tidak memiliki anak
d.
Para menteri dan orang besar
melakukan musyawarah pemilihan raja
e.
Hak orang berpendapat untuk
memecahkan masalah dalam musyawarah
32.
Nilai sosial yang terdapat pada
kutipan hikayat tersebut adalah ......
a.
Setiap negara memiliki seorang
pemimpin yang dipilih rakyat
b.
Memberi kesempatan berbicara kepada
semua yang hadir dalam musyawarah
c.
Kepemimpinan yang dialihkan kepada
perdana menteri oleh raja yang berkuasa
d.
Orang tua lebih berpengalaman dari
pada orang muda dalam berbagai hal
e.
Bermusyawarah untuk memberi kesempatan
berbicara kepada yang berwenang
33.
Bagi manen, soal kesukuan itu sudah
kedaluwarsa. Dari kelima kakaknya, Cuma seorang yang mempersunting gadis
sesukunya. “Bhineka Tunggal Ika” kata ayahnya banggga. Bukankah sekarang kita
semuanya orang Indonesia? Dan apa gerangan menjadi suku bangsa yang satu lebih
bermutu, lebih “Indonesia” dari yang lain?
Hal paling
penting yang terpancar dari penggalan novel tersebut ialah .....
a.
Kesadaran bahwa kita bangsa Indonesia
walaupun terdiri dari berbagai suku tetapi tetap satu
b.
Hal-hal yang bersifat kesukuan
jangan dipermasalahkan lagi
c.
Pernikahan antar suku sudah
merupakan hal yang biasa
d.
Berbagai suku yang ada di Indonesia mempunyai
kedudukan yang sama sebagai anak bangsa
e.
Kita tidak bisa meminta untuk
dilahikan pada suku tertentu
34.
Bioteknologi pertanian modern
dikembangkan melalui dua kegiatan dasar, yaitu kultur jaringan dan rekayasa
genetika. Teknik kultur jaringan memungkinkan kita mengisolasi jaringan sel-sel
tumbuhan, kemudian menanamkannya di luar tumbuh-tumbuhan itu sendiri.
Intisari bacaan
di atas adalah.....
a.
Dua kegiatan dasar modern
dikembangkan melalui bioteknologi pertanian
b.
Kegiatan dasar kultur jaringan dan
rekayasa genetika
c.
Bioteknologi jaringan dan sel-sel
d.
Bioteknologi akan
dikembangkan
e.
Penanaman kultur jaringan di luar
tumbuhan
35.
Pelajaran baru dimulai sejam lagi. Namun,
senin pekan lalu siswa kelas enam Sekolah
Dasar Negeri Kecila II di Banyumas, Jawa Tengah, sudah berdatangan. Tas masih
menjadi barang mewah bagi anak petani
itu. Kebanyakan buku tulis mereka jinjing telanjang, masih lumayan kalau ada
yang membawanya dalam tas plastik. Adapun baju putih mereka sudah hilang
sinarnya.
Ide pokok
paragraf di atas adalah ....
a.
Senin pekan lalu siswa kelas enam Sekolah
Dasar Negeri Kecila II di Banyumas sudah berdatangan
b.
Tas masih menjadi barang mewah bagi
anak petani itu
c.
Kebanyakan buku tulis mereka jinjing
telanjang
d.
Pelajaran baru dimulai sejam lagi
e.
Adapun baju putih mereka sudah
kehilangan sinarnya
36.
Musik berirama dangdut banyak
penggemarnya dewasa ini. Jenis musik tersebut tidak hanya disenangi oleh
masyarakat pedesaan, tetapi juga oleh masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu,
tidaklah berlebihan bila semua stasiun televisi yang ada di negeri ini
memprogramkan paket khusus penayangan musik berirama dangdut meskipun dengan
jam tayang yang berbeda-beda. Banyak pengusaha rekaman memanfaatkannya.
Rangkuman yang
tepat sesuai paragraf di atas adalah .....
a.
Musik dangdut digemari berbagai
kalangan sehingga diprogramkan semua stasiun tv
b.
Musik dangdut berkembang pesat berkat
para pengusaha rekaman dan stasiun tv
c.
Kini penggemar musik dangdut tidak
hanya masyarakat pedesaan, tetapi juga masyarakat perkotaan
d.
Masyarakat pada umumnya senang akan
tayangan musik dangdut karena musik dangdutnmudah dinikmati
e.
Musik berirama dangdut sudah
memiliki banyak penggemar
37.
Ternyata film “Bumi Makin Panas” benar, setidaknya di alaska. Hasil sejumlah
foto udara pada kawasan tundra di Alaska membuktikan kebenarannya. Tampak jelas
di sana bahwa pepohonan, jenis perdu atau semak ternyata semakin membesar baik
dalam ukuran maupun jumlah selama beberapa dekade terakhir. Padahal, di dataran
beku dan gersang ini biasanya tumbuhan sangat sulit hidup.
Rangkuman yang
tepat untuk paragraf di atas adalah ....
a.
Film Bumi Makin Panas benar-benar
diputar di Alaska
b.
Hasil foto udara di Alaska akan
dibuat ke dalam fil dengan judul bumi makin panas
c.
Dataran Alaska di kutub utara di
tumbuhi tumbuh-tumbuhan perdu dan semak
d.
Meluasnya daerah tumbuhan perdu di Alaska
menunjukkan bahwa bumi makin panas
e.
Alaska merupakan dataran beku dan
gersang sehingga tumbuh-tumbuhan sangat sulit hidup di sana.
38.
Pertolongan pertama pada kecelakaan
tidak hanya menjadi tanggung jawab perugas kesehatan. Setiap anggota palang
merah remaja (PMR) harus mempunyai kemampuan menolong korban kecelakaan. PMR
adalah kader PMI yang bertugas dengan suka rela. Agar mampu menolong korban
kecelakaan, anggota PMR diajari prinsip kepalangmerahremajaan.
Ide pokok
paragraf di atas terletak pada .....
a.
Tengah paragraf’
b.
Awal paragraf
c.
Akhir paragraf
d.
Awal dan akhir paragraf
e.
Tengah dan akhir paragraf
39.
Singa betina jauh lebih aktif dalam
berburu, sedangkan singa jantan lebih santai.
Kalimat di atas
menggunakan konjungsi .....
a.
Hubungan/merangkai
b.
Pengandaian
c.
Syarat
d.
Pertentangan
e.
Tujuan
40.
Kalimat yang menggunakan ungkapan
ialah .....
a.
Anak itu mengenakan baju hijau
b.
Di tempat wisata itu mereka naik
kuda hitam
c.
Mereka sedang menyaksikan adu domba
di lapangan
d.
Pencuri berlian itu dibawa kemeja
hijau
e.
Kuda-kuda itu baru berumur 2 bulan
B.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Ikan air tawar adalah ikan yang
menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan
danau, dengan salinitas kurang dari 0,05%. Ikan air tawar terbagi ke dalam tiga
golongan, yakni ikan peliharaan, ikan buas, dan ikan liar. Ikan peliharaan
terdiri atas ikan-ikan yang mudah diperbanyak. Contohnya: ikan bandeng, ikan
mas, ikan gurami, dan lain-lain. Ikan buas memiliki sifat jahat terhadap
ikan-ikan lainnya. Contohnya: ikan gabus dan ikan lele. Ikan liar, meskipun
jarang dipelihara, tetapi memiliki keuntungan secara ekonomis. Contohnya ikan
pari, ikan bunter, dan ikan jeler.
Analisislah ciri
kebahasaan dari teks di atas!
No.
|
Ciri
Kebahasaan
|
Kutipan Dalam
Teks
|
|
1
|
Frasa (Kelompok Kata)
|
Frasa Nominal
|
|
Frasa Verbal
|
|
||
Frasa Adjektival
|
|
||
Frasa Preposisional
|
|
||
2
|
Afiksasi (Pengimbuhan)
|
Prefisasi
|
|
Infiksasi
|
|
||
Susiksasi
|
|
||
Konfiksasi
|
|
||
3
|
Kalimat Definisi
|
|
|
4
|
kalimat simpleks/kalimat tunggal
|
|
|
5
|
kalimat komples/kalimat majemuk
|
|
2.
Sinar matahari dapat menguapkan air
yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap. Terjadi
penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air di awan cukup
banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap kepori-pori
tanah, sebagian menjadi cadangan bagi tanah, dan sebagian lagi menuju ke
permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Analisislah ciri
kebahasaan dari teks di atas!
No.
|
Ciri
Kebahasaan
|
Kutipan Dalam
Teks
|
|
1
|
Pronomina (Kata Ganti)
|
|
|
2
|
Kata Leksikal
|
Nomina (Kata Benda)
|
|
Verba (Kata Kerja)
|
|
||
Adjektiva (Kata Sifat)
|
|
||
Adverbia (Kata Keterangan)
|
|
||
3
|
Kalimat Aktif
|
Transitif
|
|
Intransitif
|
|
3.
Tukang Daging
Suatu pagi
lewatlah seorang penjual daging. “Dageeeng! Dageeeeeeeeeng!” teriaknya.
Seorang ibu
rumah tangga yang sedang sakit gigi marah mendengar teriakan Si Tukang Daging.
Ibu : “Hei Tukang
Daging! Kamu tidak punya otak, ya?”
Tukang daging : “Wah kebetulan tidak punya, Bu. Hari ini
daging semua yang saya bawa.”
Analisislah
unsur kebahasaan dari teks di atas!
No.
|
Unsur
Kebahasaan
|
Kutipan Dalam
Teks
|
1
|
Kata Kias (Ungkapan/Peribahasa)
|
|
2
|
Kalimat Sindiran
|
|
3
|
Peranyaan Retoris
|
|
4
|
Konjungsi Waktu/Konjungsi Sebab Akibat
|
|
4.
Setelah Raja Iskandar mendengar
tauhid Nabi Khidir itu, maka insaf sedikit kata Nabi Khidir itu dalam hatinya
dan terjagalah ia akan pengajar gurunya hakim dengan akalnya. “Hai, orang muda,
aku pun dahulu itikad inilah diajarkan guruku hakim aristoteles. Hanya baharu
juga aku bubah itikad itu, digusarinya aku mengubah dia, tiada kudengarkan
katanya. Maka akan sekarang, aku mendengar katamu itu mufakat sekali dengan
kata guruku. Pada hatiku benar juga itikad ini, hanya sedikit syak dalam
hatiku.”
Sebutkan nilai
dan konsep nilai yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas!
5.
Taufik tidak terlalu berlebihan.
Hanya membuat puisi yang membuat orang menyebutnya penyair. Akan tetapi,
getarnya sampai ke sudut-sudut Nusantara. Bahkan puisinya dalam kumpulan Tirani
dan Banten, bersifat menggugat keadaan itu memang bukanlah asal bunyi. Gugatan Taufik
sekaligus menyodorkan alternatif yang bisa saja bersifat kritis, konseptualis,
negatif, dan terapis. Dengan demikian, proses penyadaran dan pencerahan menjadi
intensi yang tersembunyi di balik formal puisi-puisinya.
Tulislah
ringkasan dari paragraf tersebut!
Komentar
Posting Komentar