contoh soal PTS semester Gasal kelas X SMA/SMK
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan baik dan benar!
1.
Bacalah
teks berikut dengan cermat!
HUTAN
Menurut Undang-Undang Nomor 41
Tahun 1999 tentang Kehutanan, hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa
hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi oleh pepohonan
dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat
dipisahkan. Berdasarkan kondisi iklimnya, hutan dapat dibedakan menjadi tiga
jenis yaitu hutan tropis, hutan gugur, dan hutan taiga.
Hutan tropis adalah hutan yang berada di daerah
beriklim tropis atau subtropis dan banyak ditemui di Amerika Tengah,
Afrika Tengah, Australia bagian utara, Papua Timur, dan Indonesia. Karakteristik
hutan tropis diantaranya adalah ketinggian pepohonan yang mencapai 20 – 40
meter, berdaun lebat hingga membentuk kanopi sehingga hutan menjadi gelap,
hujan adalah pemasok air yang utama, terdapat perubahan iklim mikro dari
tudung hutan hingga ke dasar hutan, memiliki suhu rata-rata 25 derajat
Celcius, memiliki kelembaban yang tinggi, dan memiliki tumbuhan khas yang
berada di bagian bawah hutan tropis yaitu liana dan epifit.
Hutan gugur adalah hutan yang berada di daerah beriklim
sedang. Hutan gugur memiliki beberapa karakteristik yaitu curah hujan yang
mencapai 750 hingga 1000 mm per tahun sepanjang tahun, memiliki musim dingin
dan musim panas, pohon-pohon yang tidak terlalu rapat, sedikit jumlah spesien
yakni antara 10 sampai 20 spesies, dan pepohonan akan menggugurkan daunnya
sebagai bentuk adaptasi dengan lingkungan menjelang datangnya musim dingin.
Dan terakhir, hutan taiga adalah hutan yang berada di
daerah beriklim dingin dan sebagian besar dapat ditemui di belahan bumi
bagian utara seperti Siberia Utara, Rusia, Kanada Tengah dan Utara. Hutan
taiga memiliki karakteristik khusus yakni hutan dengan satu spesies pohon
yakni pohon pinus.
Hutan adalah salah satu aspek biosfer
Bumi yang paling penting. Hutan dapat difungsikan sebagai penampung gas
karbon dioksida, tempat tumbuh kembang hewan, pengatur arus hidrologi, dan
pelestari tanah.
|
a.
Analisislah
teks tersebut berdasarkan struktur pembentuk teks laporan hasil observasi!
b.
Idetifikasilah
frasa yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi tersebut!
No.
|
Jenis Frasa
|
Contoh
|
1
|
Frasa Nomina
|
|
2
|
Frasa Verba
|
|
3
|
Frasa Adjektiva
|
|
4
|
Frasa Preposisional
|
|
c.
Tulislah 2
kalimat definisi dan 2 kalimat deskripsi dalam dalam teks laporan hasil
observasi tersebut!
d.
Idetifikasilah
afiksasi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi tersebut!
No.
|
Jenis
Afiksasi
|
Contoh
|
1
|
Prefiksasi
|
|
2
|
Infiksasi
|
|
3
|
Sufiksasi
|
|
4
|
Konfiksasi
|
|
2.
Bacalah
teks berikut dengan cermat!
PENDIDIKAN REMAJA
Remaja adalah masa yang dialami oleh anak-anak pada
saat SMP. Masa ini merupakan masa transisi dimana dimulai,mulai umur 10
hingga 21 tahun. Pada masa itu remaja juga sedang mencari identitas dirinya.
Pada masa ini remaja harus mendapatkan pendidikan karakter agar menjadi
generasi yang jujur,kreatif,peduli,santun, dan percara diri.
Pada masa remaja merupakan masa sulit karena butuh
pengendalian diri yang lebih daripada saat masa anak-anak. Dalam masa ini
remaja butuh orang dewasa untuk mengarahkan ke perilaku positif agar tidak
terpengaruh ke perbuatan negative. Jika pengendaliannya baik maka remaja bisa
menjadi anak yang membanggakan orang tuanya.
Pendidikan Karakter ini dapat membentuk remaja
menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka juga diajarkan nilai
religious yang dapat menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia
yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu mereka juga diajarkan nilai
toleransi dan cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan agar membentuk remaja
yang mempunyai sifat pengasih.
Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membuntuk remaja yang unggul, Mereka juga dapat bersaing dengan baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat. Nilai positif dalam pendidikan karakter juga dapat membuat kegiatan remaja terarah dan akan mempunyai budi pekerti yang baik. |
a.
Analisislas struktur teks eksposisi di atas!
b.
Tulislah 2 fakta dan 2 opini yang terdapat dalam
teks eksposisi di atas!
c.
Jelaskan jenis pronomina yang digunakan dalam teks
eksposisi di atas!
d.
Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis teks eksposisi!
(minimal 4 jenis)
Selamat mengerjakan!
Komentar
Posting Komentar