Perhitungan KKM Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013
PERHITUNGAN KKM KURIKULUM 2013
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program Studi Keahlian : Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Semua
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Tahun Pelajaran: : 2016 - 2017
Kompetensi Inti
Skor maksimum = 9
Perhitungan KKM indikator =
KKM KD = Rerata dari KKM Indikator Pencapaian Kompetensi
KKM Mata Pelajaran = Rerata dari KKM KD
Mengetahui,
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program Studi Keahlian : Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Semua
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Tahun Pelajaran: : 2016 - 2017
Kompetensi Inti
KI-1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
SKOR
|
KKM IPK
|
KKM KD
|
KKM MATA
PELAJARAN
|
||
INTAKE SISWA
|
KOMPLEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
|||||
3.1 Menginterpretasi laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis
4.1. Menginterpretasi laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis
|
3.1.1 Mengidentifikasi isi teks laporan hasil
observasi
3.1.2
Menyusun ringkasan isi teks laporan hasil observasi
3.1.3 menyimpulkan fungsi teks laporan hasil
observasi
4.1.1 melengkapi isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 membenahi kesalahan isi teks laporan hasil
observasi
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
73,33
|
3.2 Menganalisis isi dan aspek
kebahasaan dari minimal dua teks laporan.
4.2 Mengkonstruksikan teks laporan dengan
memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.
|
3.2.1 Menganalisis kebahasaan teks laporan hasil
observasi
3.2.2 membenahi sesalahan bahasa dalam teks laporan
hasil observasi
4.2.1 melengkapi gagasan pokok dengan gagasan
penjelas
4.2.2 menyusun teks laporan hasil observasi dengan
memperhatikan isi dan kebahasaan
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.3 Menginterpretasikan isi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan
rekomendasi)
teks eksposisi secara lisan dan/atau tulis.
|
3.3.1 mengidentifikasi tesis, argumen, dan
rekomendasi dalam teks eksposisi
3.3.2 membedakan fakta dan opini dalam teks
eksposisi
4.3.1 melengkapi tesis dengan argumen
4.3.2 menyampaikan kembali isi teks eksposisi dengan
bahasa yang berbeda
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
4.4 Mengkonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
3.4.1 mengungkapkan struktur teks eksposisi
3.4.2 membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi
4.4.1 menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas
dalam teks eksposisi
4.4.2 menyusun ulang gagasan kedalam teks eksposisi
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.5 Mengkritisi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam
sebuah teks anekdot.
|
3.5.1 mendata pokok-pokok isi anekdot
3.5.2 mengidentifikasi penyebab kelucuab anekdot
4.5.1 membandingkan anekdot dengan humor
4.5.2 menganalisis kritik yang disampaikan dalam
anekdot
4.5.3 menyimpulkan makna tersurat dalam anekdot
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks anekdot.
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot
dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan.
|
3.6.1 mengidentifikasi struktur teks anekdot
3.6.2 mengenal berbagai pola penyajian anekdot
3.6.3 menganalisis kebahasaan teks anekdot
4.6.1 menceritakan kembali isi teks anekdot dengan
pola penyajian yang berbeda
4.6.2 menyusun teks anekdot berdasarkan kejadian
yang menyangkut orang banyak atau perilaku seorang tokoh publik
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi
yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
4.7 Mengembangkan makna (isi dan
nilai-nilai) dalam cerita rakyat (hikayat) baik secara lisan maupun tertulis
dalam bentuk teks eksposisi.
|
3.7.1 mengidentifikasi karakteristik hikayat
3.7.2 mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat
dalam hikayat
4.7.1 mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat
yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini
4.7.2 menjelaskan kesesuaian nilai-nilai dalam
hikayat dengan kehidupan saat ini dalam teks eksposisi lisan maupun tulis
hikayat
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
4.8 Mengembangkan cerita rakyat
(hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
3.8.1 mengidentifikasi karakteristik bahasa dalam
hikayat
3.8.2 membandingkan penggunaan bahasa dalam cerpen
dan hikayat
4.8.1 membandingkan nilai dalam hikayat dengan dalam
cerpen
4.8.2 menceritakan kembali isi hikayat ke dalam
bentuk cerpen
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.9 Menyebutkan butir-butir penting dari
dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca.
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
3.9.1 mengidentifikasi pokok-pokok informasi dalam
dua buku nonfiksi
3.9.2 mengidentifikasi unsur intriksik dalam novel
4.9.1 meringkas dua buku nonfiksi
4.9.2 meringkas novel yang dibaca
|
70
70
70
70
|
70
70
70
70
|
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
|
Ketentuan Skor
Intake:
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi
|
Ketentuan Skor
Kompleksitas:
3 = rendah
2 = sedang
1 = tinggi
|
Ketentuan Skor
Daya Dukung:
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi
|
Skor maksimum = 9
Perhitungan KKM indikator =

KKM Mata Pelajaran = Rerata dari KKM KD
Mengetahui,
Kepala SMK Guru
Mata Pelajaran
PERHITUNGAN KKMKURIKULUM 2013
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program Studi Keahlian : Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Semua
Kelas/Semester : X/ Genap
Tahun Pelajaran: : 2016 - 2017
Kompetensi Inti
Skor maksimum = 9
Perhitungan KKM indikator =
KKM KD = Rerata dari KKM Indikator Pencapaian Kompetensi
KKM Mata Pelajaran = Rerata dari KKM KD
Mengetahui,
PERHITUNGAN KKMKURIKULUM 2013
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program Studi Keahlian : Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Semua
Kelas/Semester : X/ Genap
Tahun Pelajaran: : 2016 - 2017
Kompetensi Inti
KI-1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI-3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
SKOR
|
KKM IPK
|
KKM KD
|
KKM MATA
PELAJARAN
|
||
INTAKE SISWA
|
KOMPLEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
|||||
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis
4.10 Menjelaskan pengajuan, penawaran,
persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
|
3.10.1 merumuskan ciri teks negoisasi
3.10.2 menjelaskan cara menyampaikan pengajuan
penawaran
3.10.3 menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan)
4.10.1 menganalisis faktor penentu keberhasilan
negiosasi
4.10.2 menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan
pengajuan dan penawaran dalam negoisasi lisan
4.10.3 menjelaskan pola-pola penyajian teks
negoisasi
|
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
73,33
73,33
73,33
73,33
|
73,33
|
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks
negosiasi.
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan
memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
3.11.1 menentukan struktur teks negoisasi
3.11.2 menyebutkan unsur-unsur surat penawaran dan
pemesanan barang
3.11.3 mengidentifikasi pasangan tuturan dalam teks
negosiasi
3.11.4 mengidentifikasi kalimat persuasif dalam teks
negosiasi
4.11.1 menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk
dialog
4.11.2 menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk
naratif
|
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.12 Menghubungkan
permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk
menemukan esensi dari debat.
4.12 Mengonstruksi permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
3.12.1 merumuskan batasan debat
3.12.2 mengidentifikasi unsur-unsur debat
3.12.3 merumuskan tata cara debat
4.12.1 merumuskan mosi berdasarkan isu atau
permasalahan yang sedang berkembang
4.12.2 menganalisis pendapat dan argumen disampaikan
tim afirmasi, tim oposisi dan tim netral terhadap mosi
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
|
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan).
4.13 Mengembangkan permasalahan/ isu dari
berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
3.13.1 menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
3.13.2 mengidentifikasi ragam bahasa debat
4.13.1 menyusun mosi dari permasalahan aktual
4.13.2 menyusun pendapat untuk mendukung atau menolak
mosi
4.13.3 melaksanakan debat sesuai dengan peran yang
ditetapkan
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.14 Menelaah teks
biografi.
4.14 Mengungkapkan
kembali hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi atau novel yang dibaca
secara tertulis.
|
3.14.1 mengidentifikasi ciri teks biografi
berdasarkan isinya
3.14.2 mengidentifikasi struktur teks biografi
3.14.3 menemukan pola penyajian karakter unggul
dalam teks biografi
4.14.1 mengidentifikasi kepribadian unggul dapat
diteladani dari tokoh biografi
4.14.2 menjelaskan cara meneladani karakter unggul
tokoh dalam biografi dengan teks eksposisi
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.15 Menganalisis
aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
4.15 Menceritakan
kembali isi teks biografi.
|
3.15.1 mendata pokok-pokok informasi dalam teks
biografi
3.15.2 menganalisis cara penggambaran karakter tokoh
unggul
3.15.3 menganalisis kaidah bahasa teks biografi
4.15.1 menceritakan kembali isi teks biografi dengan
pola penyajian yang berbeda
4.15.2 menceritakan kembali biografi yang dibaca
dengan bahasa sendiri
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
|
3.16 Mengidentifikasi
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
3.16.1 menentukan suasana puisi
3.16.2 menemukan tema puisi
3.16.3 menentukan makna puisi
4.16.1 membacakan puisi dengan memperhatikan vokal,
ekspresi dan intonasi
4.16.2 memusikalisasikan puisi dengan memperhatikan
keselarasan isi puisi, lagu, dan musik
|
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi.
4.17 Menulis puisi
dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
|
3.17.1 menganalisis diksi dalam puisi
3.17.2 menjelaskan imaji dalam puisi
3.17.3 mengidentifikasi kata konkret dalam puisi
3.17.4 menjelaskan rima/irama dalam puisi
4.17.1 menulis puisi untuk mengungkapkan perasaan
4.17.2 menulis puisi dengan menggunakan ide dari
berita yang didengar atau dibaca
|
70
70
70
70
70
70
|
70
70
70
70
70
70
|
80
80
80
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
73,33
|
||
3.18 Mengomentari
isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
4.18 Mereplikasi isi
buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
|
3.18.1 mengomentari isi dari buku fiksi
3.18.2 mengomentari isi dari buku nonfiksi
4.18.1 mnceritakan ulang isi buku ilmiah dalam
bentuk resensi
|
70
70
70
|
70
70
70
|
80
80
80
|
73,33
73,33
73,33
|
Ketentuan Skor
Intake:
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi
|
Ketentuan Skor
Kompleksitas:
3 = rendah
2 = sedang
1 = tinggi
|
Ketentuan Skor
Daya Dukung:
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi
|
Skor maksimum = 9
Perhitungan KKM indikator =

KKM Mata Pelajaran = Rerata dari KKM KD
Mengetahui,
Kepala SMK Guru Mata Pelajaran
MAKASIH BANYAAKK..
BalasHapus