Perhitungan KKM Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013

PERHITUNGAN KKM KURIKULUM 2013
Nama Sekolah                        : SMK
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Program Studi Keahlian         : Kejuruan
Kompetensi Keahlian             : Semua
Kelas/Semester                      : X/ Ganjil      
Tahun Pelajaran:                    : 2016 - 2017

Kompetensi Inti

KI-1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
SKOR
KKM IPK
KKM KD
KKM MATA PELAJARAN
INTAKE SISWA
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
3.1 Menginterpretasi  laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis



4.1. Menginterpretasi  laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
3.1.1 Mengidentifikasi isi teks laporan hasil observasi

3.1.2  Menyusun ringkasan isi teks laporan hasil observasi

3.1.3 menyimpulkan fungsi teks laporan hasil observasi

4.1.1 melengkapi isi teks laporan hasil observasi

4.1.2 membenahi kesalahan isi teks laporan hasil observasi
70


70



70


70


70

70


70



70


70


70

80


80



80


80


80

73,33


73,33



73,33


73,33


73,33


73,33









73,33






73,33







73,33







73,33









73,33








73,33






73,33










73,33






73,33








73,33








73,33









73,33






73,33









73,33







73,33







73,33






73,33
73,33
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan.



4.2 Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.
3.2.1 Menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi

3.2.2 membenahi sesalahan bahasa dalam teks laporan hasil observasi

4.2.1 melengkapi gagasan pokok dengan gagasan penjelas

4.2.2 menyusun teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan
70



70



70



70

70



70



70



70


80



80



80



80
73,33



73,33



73,33



73,33

3.3 Menginterpretasikan isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan
rekomendasi)  teks eksposisi secara lisan dan/atau tulis.
3.3.1 mengidentifikasi tesis, argumen, dan rekomendasi dalam teks eksposisi

3.3.2 membedakan fakta dan opini dalam teks eksposisi



4.3.1 melengkapi tesis dengan argumen

4.3.2 menyampaikan kembali isi teks eksposisi dengan bahasa yang berbeda
70



70





70


70




70



70





70


70


80



80





80


80
73,33



73,33





73,33


73,33





3.4 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.



4.4 Mengkonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
3.4.1 mengungkapkan struktur teks eksposisi

3.4.2 membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi

4.4.1 menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi

4.4.2 menyusun ulang gagasan kedalam teks eksposisi
70


70



70



70

70


70



70



70

80


80



80



80

73,33


73,33



73,33



73,33

3.5 Mengkritisi teks anekdot dari aspek makna tersirat.




4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
3.5.1 mendata pokok-pokok isi anekdot

3.5.2 mengidentifikasi penyebab kelucuab anekdot

4.5.1 membandingkan anekdot dengan humor

4.5.2 menganalisis kritik yang disampaikan dalam anekdot

4.5.3 menyimpulkan makna tersurat dalam anekdot
70


70



70


70



70
70


70



70


70



70
80


80



80


80



80
73,33


73,33



73,33


73,33



73,33

3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.





4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan.
3.6.1 mengidentifikasi struktur teks anekdot

3.6.2 mengenal berbagai pola penyajian anekdot

3.6.3 menganalisis kebahasaan teks anekdot

4.6.1 menceritakan kembali isi teks anekdot dengan pola penyajian yang berbeda

4.6.2 menyusun teks anekdot berdasarkan kejadian yang menyangkut orang banyak atau perilaku seorang tokoh publik
70


70


70


70




70
70


70


70


70




70
80


80


80


80




80



73,33


73,33


73,33


73,33




73,33

3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.

4.7 Mengembangkan makna (isi dan nilai-nilai) dalam cerita rakyat (hikayat) baik secara lisan maupun tertulis dalam bentuk teks eksposisi.
3.7.1 mengidentifikasi karakteristik hikayat

3.7.2 mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam  hikayat

4.7.1 mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini

4.7.2 menjelaskan kesesuaian nilai-nilai dalam hikayat dengan kehidupan saat ini dalam teks eksposisi lisan maupun tulis hikayat
70


70



70




70

70


70



70




70

80


80



80




80

73,33


73,33



73,33




73,33

3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.




4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
3.8.1 mengidentifikasi karakteristik bahasa dalam hikayat

3.8.2 membandingkan penggunaan bahasa dalam cerpen dan hikayat

4.8.1 membandingkan nilai dalam hikayat dengan dalam cerpen

4.8.2 menceritakan kembali isi hikayat ke dalam bentuk cerpen
70



70



70



70

70



70



70



70

80



80



80



80

73,33



73,33



73,33



73,33



3.9 Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca.

4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
3.9.1 mengidentifikasi pokok-pokok informasi dalam dua buku nonfiksi

3.9.2 mengidentifikasi unsur intriksik dalam novel

4.9.1 meringkas dua buku nonfiksi

4.9.2 meringkas novel yang dibaca
70



70


70


70

70



70


70


70


80



80


80


80

73,33



73,33


73,33


73,33




 

Ketentuan Skor Intake:                        
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi
Ketentuan Skor Kompleksitas:         
3 = rendah
2 = sedang
1 = tinggi
Ketentuan Skor Daya Dukung:        
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi

Skor maksimum = 9
Perhitungan KKM indikator = 
KKM KD = Rerata dari KKM Indikator Pencapaian Kompetensi
KKM Mata Pelajaran = Rerata dari KKM KD

 Mengetahui,                                                                                                                                                

Kepala SMK                                                                                                               Guru Mata Pelajaran   

PERHITUNGAN KKMKURIKULUM 2013
Nama Sekolah                        : SMK
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Program Studi Keahlian         : Kejuruan
Kompetensi Keahlian             : Semua
Kelas/Semester                      : X/ Genap
Tahun Pelajaran:                    : 2016 - 2017

Kompetensi Inti

KI-1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
SKOR
KKM IPK
KKM KD
KKM MATA PELAJARAN
INTAKE SISWA
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
3.10 Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis





4.10 Menjelaskan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
3.10.1 merumuskan ciri teks negoisasi

3.10.2 menjelaskan cara menyampaikan pengajuan penawaran

3.10.3 menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan)

4.10.1 menganalisis faktor penentu keberhasilan negiosasi

4.10.2 menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negoisasi lisan

4.10.3 menjelaskan pola-pola penyajian teks negoisasi
70


70



70



70



70





70

70


70



70



70



70





70
80


80



80



80



80





80
73,33


73,33



73,33



73,33



73,33





73,33
73,33










73,33












73,33














73,33
73,33
3.11 Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan  teks  negosiasi.






4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan.
3.11.1 menentukan struktur teks negoisasi

3.11.2 menyebutkan unsur-unsur surat penawaran dan pemesanan barang

3.11.3 mengidentifikasi pasangan tuturan dalam teks negosiasi

3.11.4 mengidentifikasi kalimat persuasif dalam teks negosiasi

4.11.1 menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog

4.11.2 menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk naratif
70


70



70



70



70



70




70


70



70



70



70



70




80


80



80



80



80



80







73,33


73,33



73,33



73,33



73,33



73,33







3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.

4.12 Mengonstruksi permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
3.12.1 merumuskan batasan debat

3.12.2 mengidentifikasi unsur-unsur debat

3.12.3 merumuskan tata cara debat


4.12.1 merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang berkembang

4.12.2 menganalisis pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi dan tim netral terhadap mosi
70


70


70



70




70



70


70


70



70




70
80


80


80



80




80
73,33


73,33


73,33



73,33




73,33
73,33









73,33









73,33







73,33









73,33










73,33





3.13 Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan).

4.13 Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
3.13.1 menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat

3.13.2 mengidentifikasi ragam bahasa debat

4.13.1 menyusun mosi dari permasalahan aktual

4.13.2 menyusun pendapat untuk mendukung atau menolak mosi

4.13.3 melaksanakan debat sesuai dengan peran yang ditetapkan
70




70


70


70



70

70




70


70


70



70

80




80


80


80



80

73,33




73,33


73,33


73,33



73,33

3.14 Menelaah teks biografi.









4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi atau novel yang dibaca secara tertulis.
3.14.1 mengidentifikasi ciri teks biografi berdasarkan isinya

3.14.2 mengidentifikasi struktur teks biografi

3.14.3 menemukan pola penyajian karakter unggul dalam teks biografi

4.14.1 mengidentifikasi kepribadian unggul dapat diteladani dari tokoh biografi

4.14.2 menjelaskan cara meneladani karakter unggul tokoh dalam biografi dengan teks eksposisi
70



70


70



70




70
70



70


70



70




70


80



80


80



80




80


73,33



73,33


73,33



73,33




73,33

3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.







4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi.
3.15.1 mendata pokok-pokok informasi dalam teks biografi

3.15.2 menganalisis cara penggambaran karakter tokoh unggul

3.15.3 menganalisis kaidah bahasa teks biografi

4.15.1 menceritakan kembali isi teks biografi dengan pola penyajian yang berbeda

4.15.2 menceritakan kembali biografi yang dibaca dengan bahasa sendiri
70



70



70


70




70


70



70



70


70




70

80



80



80


80




80


73,33



73,33



73,33


73,33




73,33



73,33










73,33








73,33









73,33












73,33











73,33






73,33





73,33




3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca

4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
3.16.1 menentukan suasana puisi

3.16.2 menemukan tema puisi

3.16.3 menentukan makna puisi


4.16.1 membacakan puisi dengan memperhatikan vokal, ekspresi dan intonasi

4.16.2 memusikalisasikan puisi dengan memperhatikan keselarasan isi puisi, lagu, dan musik

70


70


70



70



70







70


70


70



70



70

80


80


80



80



80

73,33


73,33


73,33



73,33



73,33


3.17 Menganalisis  unsur pembangun puisi.









4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
3.17.1 menganalisis diksi dalam puisi

3.17.2 menjelaskan imaji dalam puisi

3.17.3 mengidentifikasi kata konkret dalam puisi

3.17.4 menjelaskan rima/irama dalam puisi

4.17.1 menulis puisi untuk mengungkapkan perasaan

4.17.2 menulis puisi dengan menggunakan ide dari berita yang didengar atau dibaca
70


70


70


70


70


70
70


70


70


70


70


70


80


80


80


80


80


80



73,33


73,33


73,33


73,33


73,33


73,33

3.18 Mengomentari isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.

4.18 Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
3.18.1 mengomentari isi dari buku fiksi

3.18.2 mengomentari isi dari buku nonfiksi

4.18.1 mnceritakan ulang isi buku ilmiah dalam bentuk resensi
70


70


70
70


70


70
80


80


80

73,33


73,33


73,33


Ketentuan Skor Intake:                        
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi
Ketentuan Skor Kompleksitas:         
3 = rendah
2 = sedang
1 = tinggi
Ketentuan Skor Daya Dukung:        
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi

Skor maksimum = 9
Perhitungan KKM indikator
KKM KD = Rerata dari KKM Indikator Pencapaian Kompetensi
KKM Mata Pelajaran = Rerata dari KKM KD


Mengetahui,                                                                                                                                                

Kepala SMK                                                                                                            Guru Mata Pelajaran   

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer